Pengaruh Penggunaan Gadget Bagi Anak SD

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Perkembangan kemajuan teknologi pada zaman sekarang ini sangat berkembang pesat dan teknologi semakin canggih. Contohnya seperti gadget yang telah memberikan dampak yang besar, baik dampak positif maupun dampak negatif.

Gadget adalah alat komunikasi modern yang memiliki berbagai fungsi yang canggih. Hal yang membedakan gadget dengan teknologi lainnya adalah unsur kekinian, artinya gadget selalu muncul dengan aplikasi-aplikasi terbaru yang mengikuti perkembangan zaman.

Hampir setiap orang sudah memiliki gadget mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa. Biasa nya setiap orang tidak hanya memiliki satu gadget saja. Hampir setiap orang menghabiskan waktunya dengan menggunakan gadget, contohnya seperti HP.

HP adalah alat komunikasi elektronik dua arah yang bisa dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan suara dan juga dapat mengirimkan pesan tertulis.

Pada zaman sekarang ini pengguna gadget tidak hanya dari kalangan pekerja saja tetapi hampir semua kalangan. Dan salah satunya adalah pada kalangan anak Sekolah Dasar yang biasanya sudah kecanduan game online seperti pada gambar dibawah ini.

Anak yang sudah kecanduan game online biasanya susah untuk belajar. Oleh sebab itu peran orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mengarahkan anak-anak agar dapat menggunakan gadget dengan tepat (dalam hal yang positif). Sehingga anak mendapatkan manfaat yang positif dari gadget tersebut. 

Gadget memiliki dampak positif pada anak, khusus nya pada anak SD contoh nya seperti untuk menambah ilmu pengetahuan (mencari materi diinternet), mempermudah komunikasi jarak jauh, dan juga untuk memperluas pertemanan. 

Selain memiliki dampak positif ternyata gadget juga memiliki dampak negatif antara lain adalah seperti kecanduan game online pada anak Sekolah Dasar, membuat anak lambat dalam memahami pelajaran, dan juga bisa menyebabkan resiko terkena radiasi karena terlalu sering main gadget dan terlalu dekat dengan mata.

Contoh anak yang sudah terpengaruh dan kecanduan dalam bermain gadget

C:\Users\asus\Downloads\pengaruh gadget pada anak SD.jpg

Dengan adanya dampak negatif dalam penggunaan gadget terhadap anak SD, juga terdapat solusi untuk mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya seperti menghindari untuk memperkenalkan gadget pada anak SD, memberikan contoh yang baik kepada anak, dan jangan terlalu memanjakan anak.

Orang tua juga sangat berperan penting dalam pengawasan anak pada saat dirumah, contohnya seperti selalu mendampingi anak pada saat bermain gadget dan membatasi waktu anak dalam bermain game, agar anak tau waktu untuk bermain dan belajar, selalu mengajarkan anak untuk penggunaan gadget yang benar adalah sesuai kebutuhannya saja, agar tidak salah dalam menggunakannya, selalu memastikan bahwa anak menggunakan gadget untuk hal-hal yang positif saja, misalnya untuk mencari materi diinternet.

Guru juga sangat berperan penting dalam pengawasan anak pada saat disekolah, contohnya seperti memilihkan game yang baik untuk anak (game yang bersifat mendidik), memberikan durasi pada saat bermain game, mengajak anak untuk beraktivitas tanpa menggunakan gadget. 

(Red/ Dewi Rana Milenia Fitri, Status:Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, )