Pengaruh Teknologi Pada Pendidikan Anak SD

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Di zaman milenial ini sudah banyak teknologi yang mempengaruhi pendidikan.Bukan hanya itu, anak-anak muda bahkan anak SD pun ikut terpengaruh oleh teknologi.

Dengan berkembangnya teknologi telah membawa pengaruh baik untuk pendidikan di Indonesia yang terbilang masih rendah.

Dengan tekologi kita dapat menelusuri dan mengetahui sisitem pendidikan di Negara lain yang lebih maju, sehingga kita dapat mempelajarinya.

Pengaruh positif teknologi pada pendidikan yaitu mempercepat arus informasi, mempermudah akses terhadap informasi baru, membantu individu dalam mencari informasi, dan dapat berbagi file-file penting tentang materi dengan teman-teman sebaya.

Berkembangnya teknologi di Indonesia juga dapat membantu perkembangan pendidikan di Indonesia, anak-anak dapat mengakses informasi penting sebanyak mungkin,dengan begitu tingkat pengetahuan anak-anak pun menjadi lebih bertambah.

Selain itu juga, saat ini banyak media pembelajaran yang sistem belajarnya tidak perlu bertatap muka dengan pengajar. Jadi anak-anak dapat belajar serta dapat meningkatkan pengetahuan nya yang lebih dalam lagi dimana saja dan kapan saja.

Guru disekolah pun juga bisa menggunakan teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar disekolah agar menjadi lebih ringan untuk mengajar dan dapat menarik minat siswa untuk belajar.

Seperti dengan cara, guru menampilkan vidio-vidio menarik yang berkaitan dengan materi pembelajaran.Selain itu, guru juga bisa mengajar dengan menampilkan hal-hal yang belum pernah anak-anak lihat sebelumnya seperti menampilkan power point yang lucu untuk menarik perhatian siswa SD.

Tetapi disisi lain, teknologi tidak hanya membawa pengaruh positif bagi pendidikan melainkan juga ada pengaruh negatifnya. 

Pengaruh negative pada pendidikan itu sendiri seperti, individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik, konten-konten negative yang berkembang yang tidak seharusnya anak-anak SD ketahui, membuang-buang waktu yang tidak berguna, serta menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang.

Pengaruh negative ini akan susah dihilangkan pada orang-orang yang sudah ketergantungan pada teknologi terutama pada gadget.

Anak-anak jaman sekarang lebih senang bermain gadget dibandingkan bermain dilingkungan sekitar rumahnya. Anak-anak lebih senang bermain dirumah dengan memainkan game online yang ada di gadget.

Hal ini terbukti bahwa individu menjadi sering bermalas-malasan dan susah untuk bersosialisasi serta dapat menurunkan prestasi anak.

Dengan begitu, anak-anak harus lebih diawasi oleh orang tua agar tidak menyalahgunakan teknologi sehingga, anak tidak terpengaruh pada hal-hal negative dan tidak kecanduan pada teknologi.

Solusi agar anak tidak terpengaruh dan tidak kecanduan pada gadget yaitu dengan mengajarkan dan mengenalkan pada anak bahwa teknologi-teknologi itu tidak hanya digunakan untuk bersenang-senang saja melainkan bisa digunakan untuk kegiatan belajar, mengenalkan bahwa gadget juga membawa informasi-informasi penting yang dapat meningkatkan pengetahuan.

Supaya anak juga tahu sisi-sisi positif yang ada pada teknologi atau gadge,  sehingga anak menjadi penasaran dan mencoba untuk mencari pengetahuan yang belum ia ketahui serta anak tidak merasa bosan dalam belajar.

(Red/  Indah Kurnia Dewi ,Nim : 2018015127,Status : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta  )