PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam mengembangkan ranah afektif, khususnya bagi anak usia Sekolah Dasar.

Muatan pendidikan karakter diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar berdasarkan materi dan dari standar isi kurikulum.

Pendidikan karakter penting untuk ditanamkan pada anak usia Sekolah Dasar karena untuk membentuk pribadi siswa agar memiliki nilai-nilai luhur bangsa dan dapat menjadi warga negara yang baik.

Pendidikan karakter ini telah diterapkan di SD Negeri 288/VI Seri Sembilan Jambi

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam menciptakan siswa yang tidak hanya pandai secara kognitif,tetapi juga berbudi pekerti yang luhur.

Guru dapat mengembangkan materi berbasis kearifan lokal dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik yang diharapkan dapat mengembangkan karakter siswa seperti karakter kerjasama,toleransi, dan sikap peduli.

Siswa sepantasnya memiliki sikap yang bijak dalam memandang kearifan lokal yang dimiliki oleh daerahnya tersebut sebagai bagian dari pengembangan pendidikan karakter sebagai bekal dalam hidup bermasyarakat.

Pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal ini diharapkan juga bisa menumbuhkan rasa cinta akan budaya yang ada didaerahnya tersebut serta dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai siswa untuk senantiasa selalu menjaga dan melestarikan budaya yang ada didaerahnya tersebut agar tidak punah ataupun di klaim oleh negara lain.

Sehingga manfaat kajian ini adalah untuk memberikan ide bagi guru atau pendidik untuk mengembangkan materi pendidikan karakter bagi siswa Sekolah Dasar yang berbasis dengan kearifan lokal,memotivasi guru atau pendidik serta orang tua untuk mengarahkan siswa agar menjadi pribadi yang cerdas,berbudaya, dan bertanggung jawab, serta memotivasi semua pihak terutama siswa Sekolah Dasar dan masyarakat daerah setempat untuk tetap menjaga dan melestarikan kekayaan budaya yang ada didaerah setempat.

(Red/ Ani Retno Kusuma mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )