Pentingnya Menerapkan Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR,com,,YOGYAKARTA-Menurut Ki Hadjar Dewantara , pendidikan harus mampu menumbuhkan karakter dalam diri peserta didik.

“Bagi Ki Hadjar Dewantara , kecerdasan memang diperlukan, tetapi karakter lebih diperlukan. Kecerdasan tanpa diimbangi karakter akan menjerumuskan kehidupan anak.

Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional dalam berinteraksi dengan alam dan manusia.

 Sedangkan karakter merupakan kepribadian, kumpulan nilai yang melandasi cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas individu yang terbentuk karena pembiasaan. 

Jadi Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai – nilai karakter kepada anak agar didalam diri anak tumbuh karakter yang baik seperti mempunyai sikap yang baik, berbudi pekerti, memiliki prilaku yang baik dan mampu bersosialisasi dengan baik .

Karakter yang bekualitas perlu diajarkan sejak anak usia dini ,khususnya anak usia SD, Beberapa karakter yang perlu ditanamkan pada anak yaitu nilai norma dan moral seperti jujur, disiplin,mandiri, kerja keras,kreatif, hormat pada orang lain ,tanggung jawab , cinta tanah air , kepemimpinan dan keadilan.

Pendidikan karakter sangat penting bagi dunia pendidikan karena perlu diketahui di era modern sekarang banyak anak- anak yang masih berada di bangku sekolah dasar memiliki karakter yang cukup buruk karena pengaruh teknologi yang sangat pesat dan semakin maju menjadikan perkembangan karakter anak semakin buruk.

Salah satu tempat untuk menanamkan karakter pada anak adalah sekolah.Sekolah merupakan tempat yang strategis untuk menanamkan karakter ini karena semua anak akan mengenyam dunia pendidikan di Sekolah, sehingga yang didapatnya akan mempengaruhi pembentukan karakternya. Pengajaran karakter di sekolah diajarkan oleh seorang guru ,oleh karena itu sebagai seorang guru harus berperan baik dalam bersikap didepan peserta didik, guru tidak boleh bersikap jelek karena peserta didiknya akan menirukan apa yang dilakukan gurunya tersebut. Selain itu guru juga perlu mengajarkan nilai-nilai agama.

Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dapat dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas, pengembangan budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keseharian di rumah atau di masyarakat.

Itulah mengapa Pendidikan karakter sangat penting  diterapkan di sekolah dasar karena untuk mengembalikan karakter anak bangsa Indonesia yang sudah mulai luntur. Dengan dilaksanakannya pendidikan karakter di sekolah dasar, diharapkan dapat menjadi solusi atas masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat. 

(Red/ Amalia Noviansari ,Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, ))