Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter pada Sekolah Dasar di Era Digital

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik yang di peruntukan bagi generasi selanjutnya yang bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.

Pendidikan dan keberadaan teknologi saling berkaitan dan tidak bisa di lepaskan.Pendidikan saat ini sudah mulai di terapkan sistem e-learning yang dimana pengajar dan peserta didik tidak perlu bertatap muka secara langsung, cukup menggunakan kecanggihan teknologi seperti melalui internet, gadget,dan smartpone secara lebih mudah.

Dengan sistem ini masih perlu terus di tingkatkan menyesuaikan dengan kondisi zaman dan untuk dapat mengadopsi pendidikan karakter para generasi muda saat ini.

Karena pendidikan karakter pada umumnya efektif dilakukan dengan tatap muka karena ada nilai-nilai karakter yang mesti di praktekkan dan diteladani oleh peserta didik dalam melakukan aktivitas keseharian, tentu kita akan merasakan bagaimana reaksi peserta didik secara langsung dan bisa menerima, menolak atau sebagainya.

Di era digital saat ini, banyak sekali anak-anak yang mahir dalam menggunakan teknologi, di bandingkan anak-anak di era sebelumnya.

Mereka sudah terbiasa dengan yang namanya internet, gadget, dan lain sebagainya.

Namun juga banyak anal-anak yang salah arah mempergunakan teknologi ini untuk hal-hal negatif karena disebabkan didikan yang salah.

Seorang pendidik haruslah menjadi panutan dalam perbuatan dan perkataan, sehingga dari karakter pendidiklah, karakter perserta didik bisa berpengaruh ke arah yang lebih baik.

Menanamkan pendidikan karakter pada era digital ini sangatlah penting, agar generasi penerus mencerminkan kualitas bangsa.

Apabila generasi penerusnya baik dalam kongnitif dan moral maka baik pula suatu bangsa tersebut. Untuk itu keluarga, sekolah dan masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan generasi yang lebih baik.

(Red/ Siska Ayu Darmawati,Nim: 2018015004,,Status: Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )