PENTINGNYA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Bogor Now Kampus Kita

Oleh : Christin Peni Lamadiken,PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN,UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA ,2020/2021

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Di jaman yang semakin moderen ini pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting namun, ada sebagian orang yang menganggap pendidikan itu tidak penting karena hanya membuang-buang uang sajah. 

Padahal dengan pendidikan  kita dapat menambah wawasan dan  memperoleh pengetahuan baru yang belum kita ketahui,serta memudahkan kita untuk mendapat pekerjaan yang layak,dan kita juga akan disegani oleh orang lain.pendidikan juga merupakan suatu sarana dalam kemajuan dan tumbuh kembang bangsa dalam meningkatkan mutu pendidikan 

Menurut Cibulka (2001) dalam Mitchell (2003), kebijakan pendidikan publik saat ini didominasi oleh “politik produktivitas pendidikan,” di mana tuntutan terhadap sekolah semakin tinggi untuk dapat menghasilkan siswa yang dapat memberikan performa terbaik dalam setiap tes.

Pendidikan dinilai karena fungsinya untuk produksi barang yang tahan lama, sebagai layanan langsung, investasi pembangunan manusia, dan sebagai sarana untuk memoproduksi  warisan budaya

   Adapun permasalahan-permasalahan yang timbul di dalam dunia pendidikan antaralain

1.) kurangnnya sumber daya guru yang terampil dan terlatih 

2.) fasilitas pendidikan yang kurang dan tidak memadai

3.) tidak memiliki biaya pendidikan atau pendidikan yang terlalu mahal

4.) kurangnnya bahan ajar bagi guru

Maka dari itu solusi yang harus di lakukan adalah

1.) pemerintah memberikan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu dan siswa yang berprestasi 

2.) memperbaiki fasilitas pendidikan 

3.)  menambah bahan ajar memberikan pelatihan dan seminar kepada setiap guru 

4.) melakukan pemerataan penduduk dari kota ke desa 

Semua hal tersebuta harus diperhatikan agar seluruh anak-anak di indonesia bisa bersekolah dan mengenyam pendidikan 

    Kualitas pendidikan di Indonesia pada saat ini terhitung sangat rendah. Berdasarkan riset United Nations Educational, Scientific and Organizations (UNESCO) terhadap kualitas di seluruh negara negara berkembang, Indonesia masih menempati peringkat 10 dari 14 negara. Sedangkan untuk kualitas para guru pendidik berada pada level sangat bawah yaitu 14 dari 14 negara. Indonesian terdiri dari 217,512 lebih sekolah, 45,357,157 murid, 2,719,712 Guru tapi sayang menurut laporan PISA tahun 2015 sebuah program yang mengurutkan kualitas sistem pendidikan di 70 negara telah menyatakan, bahwa indonesia menduduki peringkat 62  dari 70 negara, negara kita sangat mengalami ketertinggalan.

apalagi dunia saat ini memasuki gelombang revolusi industri 4.0, revolusi industri 4.0 adalah implementasi teknologi automasi dan pertukaran data dalam bidang industri yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi serta internet atau bisa disebut digitalisasi dibidang industri.

Oleh karena itu sebagai generasi muda kita diharapkan bersungguh-sungguh dan berkomitmen dalam menjalani pendidikan kita agar kedepannya pendidikan indonesia bisa lebih maju lagi dan bisa bersaing dengan kualitas pendidikan yang bagus bersama negara-negara lain.