Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pada kurikulum 2013 pendidikan karakter sebagai unsur pendidikan utama.Penanaman karakter anak perlu di lakukan sejak dini .

Sebab, jika sudah dibiasakan sejak masih kecil tentunya anak- anak akan menerapkan hal baik itu ketika ia sudah besar.

Sebelum, kita membahasas lebih detail mengenai pentingnya pendidikan karakter di sekolah dasar saya akan memaparkan tentang pengertian pendidikan karakter menurut para ahli .

1.T.Ramli (2003).

Menurutnya pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendikan moral dan pendidikan akhlak.Tujuannya adalah untuk membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik.

2. Suyanto (2009) .

Mengemukakakan pendidikan karakterter sebagai cara berpikir dan perilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama,baik dalam lingkup keluarga masyarakat,bangsa, maupun negara.

3.Elkin (2004).

Pendidikan karakter ialah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik.

Dalam penerapan penanam karakter anak di sekolah tentunya guru mempunyai peran penting dalam membentuk karakter anak.

Oleh karena itu , guru yang mengajar di sekolah dasar haruslah memiliki karakter yang baik sebab anak kecil cenderungĀ  akan meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa.

Penanaman karakterter kepada anak kecil tentunya tidak mudah.Akan tetapi, dengan guru mencontohkan tindakan secara langsung lebih mudah dipahami oleh anak-anak SD.

Adapun beberapa contoh yang bisa dipraktekkan guru dalam menanamkan karakter kepada anak di sekolah dasar yaitu, :

1.Membiasakan anak untuk mencium tangan oranng yang sudah tua.

Di sekolah biasanya, anak-anak dibiasakan untuk mencium tangan guru sebelum masuk ke dalam kelas.Dengan adanya pembiasaan di sekolah tentunya anak-anak akan terbiasa dan menerapkannya di rumah maupun di rumah.

2. Menanamkan cinta tanah air dengan mengenalkan budaya-budaya  dan tradisi-tradisi yang terdapat di Indonesia.

Menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini sangatlah penting. Sebab, anak-anak adalah generasi penerus perjuangan bangsa ini. Dengan adanya rasa cinta tanah air di dalam hati anak-anak tentunya anak-anak akan memiliki rasa memiliki bangsa ini hingga mereka siap membela bangsa ketika ia sudah dewasa.

3. Mengajarkan anak untuk mecintai alan dan lingkungan.

Sangatlah penting ,bagi guru untuk mengajarkan kepada anak-anak bagaiman merawat dan menjaga alam dan lingkungan.

Sebab,ketika si anak sudah mempunyai kepeduliaan kepada alam dan lingkungan tentunya mereka tidak akan merusak alam dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Pendidikan karakterter yang ditanamkan sejak dini tentunya akan menciptakan generasi yang tidak hanya pintar tetapi juga berakhlak mulia dan bermoral. Pendidikan karakter memang sudah seharusnya di tananamkan di sekolah dan diajarkan sejakĀ  dini .

(red/ Syarah Amilia )