PENTINGNYA PENDIDIKAN MORAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan moral adalah pendidikan untuk menjadikan anak manusia bermoral atau bermanusiawi.

Artinya pendidikan moral adalah pendidikan yang bukan mengajarkan tentang akademik,namun non akademik khususnya tentang sikap dan bagaimana perilaku sehari-hari yang baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah.

Pendidikan moral dapat menjadikan anak memiliki kepribadian sopan santun berperilaku kepada orang yang lebih tua darinya maupun teman sebayanya. 

Namun sangat disayangkan pada masa kini, kurangnya pendidikan moral yang ditanamkan pada usia sekolah dasar, sehingga menyebabkan perilaku yang kurang baik di usia sekolah dasar.

Jaman sekarang banyak dijumpai anak SD sudah berpacaran dan perperilaku kurang sopan terhadap guru maupun orang tua, bahkan ada khasus perkelahian siswa SD dengan temannya sendiri.

Hal itu terjadi salah satunya karena kurangnya pendidikan moral yang tidak diajarkan sedini mungkin kepada sianak.

Sehingga membuat anak melakukan hal sesuka hati mereka tanpa mengetahui hal tersebut baik untuk dirinya atau tidak. 

Di Indonesia sudah minim sekali atau hampir tidak ada guru yang mengajarkan hal tersebut. Hal ini tentu saja menyebabkan kehancuran moral siswa siswi saat ini. Dari permasalahan yang sudah di sebutkan sebelumya membuktikan bahwa tidak terkontrolnya emosi yang ada pada diri siswa, siswa sudah mulai mengikuti hawa nafsunya tanpa bisa mengendalikannya. Hal itu merupakan salah satu tugas seorang guru untuk menanamkan pendidikan moral sedari usia Sekolah Dasar. 

Dalam pembelajaran pendidikan moral guru dapat mencontohkan bagaimana berperilaku yang baik yang mencerminkan manusia bermoral.  Karena murit akan meniru atau mencontoh apa yang ia lihat dalam kegiatan sehari-harinya.

Membiasakan anak untuk saling menghormati satu sama lain tidak boleh mengejek atau pun berbicara yang kurang sopan.

Di sini guru harus memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada si anak atau peserta didik dalam membentuk atau menumbuhkan pola pikir atau perilaku yang berbasis kasih sayang. 

Pendidikan moral sangat penting diberikan kepada peserta didik karena ini dapat menjadikan dasar sikap moral yang harus dimiliki oleh anak-anak Indonesia.

Untuk menjadikan generasi bangsa yang berkualitas dan memiliki perilaku yang baik maka sangat penting di butuhkannya pendidikan moral sejak dini.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa pendidikan moral sangatlah penting untuk pembentukan karakter peserta didik agar ketika memasuki masa remaja peserta didik menjadi penerus bangsa yang berintegritas dan juga lebih baik untuk masa kedepan.

(Red/ Liyawati ,Mahasiswa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa YOGYAKARTA,Semester 3 jurasan PGSD )