Pentingnya Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Pada Anak Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Bakat adalah suatu kemampuan/ potensi bawaan sejak lahir yang dimiliki seseorang. Setiap anak memiliki bakat yang berbeda-beda dalam menguasai bidang-bidang khusus.

Ada anak yang memiliki bakat dibidang akademik,kesenian maupun olahraga ,namun ada pula anak yang memiliki bakat multitalenta yang memiliki bakat lebih dari satu bidang. 

Disini peran guru adalah seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, oleh karena itu guru harus mampu mengetahui, mengarahkan, dan mengembangkan bakat pada anak. 

Guru memiliki peran yang penting  untuk mengarahkan anak dalam mencapai  prestasi dalam bidang tertentu , baik dalam akademi maupun non akademik.

Guru memiliki peran dalam mengembangkan bakat peserta didik sebagai berikut:

  1. Membantu anak dalam mengenal bakat yang ada pada dirinya.

Sebagai guru terlebih dahulu harus bisa melihat bakat anak yang tentunya berbeda-beda. Untuk mengenali bakat tersebut guru harus memperhatikan satu persatu peserta didik dari awal kegiatan belajar mengajar,  Dan melihat dalam bidang manakah anak-anak tersebut lebih menonjol baik akademik maupun non akademik. setelah mengetahui bidang-bidang tersebut anak dibimbing untuk lebih mendalami bakat tersebut. hingga bakat tersebut bisa menunjang prestasi anak tersebut.

  1. Memberikan pengetahuan tentang bakat

Jadi guru harus bisa memberikan wawasan pengetahuan mengenai bakat, yang nantinya akan berguna bagi kehidupan anak tersebut, salah satunya bakat juga mampu menunjang karir seseorang, jadi jika guru memberikan wawasan yang mendalam mengenai bakat pada anak. hal tersebut bisa lebih membuka pandangan peserta didik mengenai bakat lebih luas.

  1. Meningkatkan motivasi anak untuk mengembangkan dan melatih bakatnya.

Untuk memotivasi anak agar bisa mengembangkan bakatnya, terlebih dahulu kita harus membuka pandangangan anak, bahwa dengan bakat tersebut bisa membuka berbagai peluang besar dalam bidang pendidikan dan karir anak tersebut untuk masa yang akan datang.

  1. Memfasilitasi sarana bagi pengembangan bakat.

Jika guru telah mengetahui bakat anak sebaiknya guru bekerja sama dalam memfasilitasi sarana pengembangan bakat anak tepatnya orang tua peserta didik, dianjurkan untuk memfasilitasi sarana bakat anak tersebut dalam Menyalurkan bakatnya, dengan mengikutkan bimbingan belajar dbidang  bakat anak. 

  1. Memberikan kesempatan untuk mengikuti lomba – lomba sesuai dengan bakat yang dimiliki anak.

Sebaiknya guru yang telah mengetahui bakat-bakat yang dimiliki anak, maka guru bisa memberikan kesempatan bagi anak untuk mengikuti lomba yang sesuai dengan bakat yang dimiliki anak, misalnya anak yang memiliki bakat menyanyi, maka guru memberikan kesempatan pada anak tersebut mengikuti lomba menyanyi agar bakatnya dapat dikembangkan.

Jadi, peran guru dalam mengembangkan bakat pada anak sangat penting karena guru yang banyak mengetahui perkembangan bakat anak sejak awal, anak tersebut menerima pengetahuan dibidang pendidikan dan tentunya gurulah yang akan lebih awal mengembangkan bakat tersebut dengan memberikan pelatihan lebih pada anak dan mengikutkan lomba pada anak setelah guru mengetahui bakat tersebut, barulah guru akan bekerja sama dengan orang tua peserta didik untuk lebih mengembangkan bakat anak tersebut, maka peran guru dalam pengembangan bakat sejak dini pada anak itu sangat penting, karena dengan lebih awal anak mengetahui bakatnya hal tersebut tentunya lebih baik dan tidak luput dari peran guru.

Red/Febby .NIM :  2018015033 Asal :  BelitungStatus  : Mahasiswi PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )