PENTINGNYA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SEKOLAH DASAR

Bogor Now Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Sebenarnya sekolah sebuah lembaga yang oleh pemerintah digunakan sebagai wahana meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) atau untuk mencetus manusia yang sehat dan cerdas.

Karena itu sekolah harusnya mampu membuat anak didik betah atau nyaman mengikuti proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas dalam lingkungan sekolah tersebut. 

Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting untuk menciptakan kesehatan lingkungan.Kebersihan juga berperan penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan tenteram tentu saja bila lingkungan yang kumuh akan menjadikan orang enggan berlama-lama untuk berada di lingkungan tersebut.

Maka kebersihan adalah harga mutlak untuk mewujudkan  lingkungan yang nyaman, termasuk lingkungan sekolah. Bagaimana mungkin siswa mampu menangkap pelajaran yang disampaikan dengan maksimal bila siswa itu sendiri kurang nyaman berada di kelas karena kotor.

Belum lagi kamar mandi sekolah yang identik dengan bau dan kotor. Tentunya lingkungan sekolah harus diciptakan senyaman dan seaman mungkin oleh warga sekolah itu sendiri.

Kemajuan SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang pendidikan tidak bisa terlepas dari beberapa faktor pendukung. Salah satunya faktor pendukung kemajuan SDM di bidang pendidikan ialah kesehatan individual pelajar. Mewujudkan kesehatan pelajar yaitu dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS di sekolah.

Bila para pelajar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan masyarakatnya, upaya dalam meningkatkan derajad kesehatan di sekolah akan terwujud.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya-upaya dalam menciptakan suatu kondisi bagi perorangan,keluarga,kelompok,dan masyarakat dalam sikap dan perilaku agar dapat menerapkan hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan derajat kesehatan.

Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan di sekolah, penerapan PHBS di sekolah  sangatlah penting.

Selain manfaat penerapan PHBS dalam kebiasaan sehari-hari dapat mencegah kerentanan timbulnya penyakit,tentunya juga bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas karena fisik yang sehat pada pelajar, sehingga para pelajar tidak lemas saat mengikuti kegiatan pembelajaran.

Pembelajaran PHBS di sekolah dapat berupa aktivitas sehat seperti mencuci tangan dengan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga yang teratur, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan, dan membuang sampah pada tempatnya. Enam indikator di sekolah ini harus diterapkan seluruh jajaran akademik, mulai dari guru hingga kepada pelajar demi terwujudnya sekolah yang sehat.

Jadi, mulailah membiasakan hidup sehat dari sekarang dengan menggunakan prinsip perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

(Red/Penulis : Ahmad Khoiri)

NIM : 2018015176

Kelas : 3E

Status : Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta