Penumbuhan Karakter Anak SD Melalui Pendidikan Kepramukaan

Kampus Kita

 KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan karakter memang penting ditumbuhkan sejak dini pada kisaran anak umur 6 tahun yang biasanya disebut dengan masa keemasan. Pada masa ini merupakan masa dimana pertumbuhan bagi anak masih mudah untuk dibentuk, dan juga sekaligus masa penentu pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.

Itu sebabnya akan lebih baik apabila pendidikan karakter dilakukan sejak dalam Pendidikan Anak Usia Dini. 

Aktifitas yang diberikan biasanya aktifitas yang menyenangkan dan menarik untuk membentuk karakter dari setiap individu.

Pendidikan kepramukaan merupakan pendidikan yang diberikan diluar jam sekolah dan diluar lingkungan keluarga, yang kegiatannya cenderung banyak dilakukan di alam terbuka demi memberikan keleluasaan anak untuk mengekspresikan diri.

Gerakan Pramuka biasanya diberikan pada anak usia 7 tahun sampai 25 tahun dengan berbagai sebutan nama yaitu golongan Pramuka Siaga usia 7-10 tahun, Pramuka Penggalang usia 11-15 tahun, Pramuka Penegak usia 16-20 tahun dan Pramuka Pandega usia 21-25 tahun.

Pendidikan pada Gerakan Pramuka di maksudkan untuk penumbuhan karakter pada anak usia dini demi tumbuhnya karakter anak seperti menjadi manusia yang bertaqwa,berbudi pekerti luhur,mandiri, memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama,bertanggung jawab,berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat,dan menghargai antar teman dan lingkungannya.

Anak yang mendapatkan Pendidikan Pramuka biasanya akan berbeda karakter dengan anak yang tidak mendapatkan Pendidikan Pramuka.

Anak yang mendapatkan Pendidikan Pramuka sejak dini akan cenderung lebih tertata karakter dan wataknya, ia akan lebih menghargai apa yang ia dapat dan akan menyaringnya untuk diimplementasikan pada diri individu tersebut.

Sedangkan pada anak yang tidak mendapatkan pendidikan Pramuka sejak dini ia akan cenderung menjadi individu yang acuh terhadap lingkungan dan keras kepala merasa dirinya paling benar. 

Seperti contoh pada permainan pramuka Baut Barisan Siaga Pramuka, tujuan dari permainan ini yaitu agar seluruh peserta dapat saling mengenal lebih jauh antar anggota, dari mengenal fisik hingga mengenali masing-masing sifat mereka.

Dengan begitu mereka akan merasa lebih dekat dan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam berkelompok.

(Red/ Tutik Maiyani dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mendapati Tugas Kuliah untuk membuat dan mengirim sebuah artikel dengan judul “Penumbuhan Karakter Anak SD Melalui Pendidikan Kepramukaan” , )