PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah hal penting yang harus di miliki oleh setiap individu di dalam hidupnya. Tanpa pendidikan tentu seseorang akan merasa terombang ambing dengan menghadapi tuntutan zaman. Begitu juga dengan pendidikan karakter.

Pada saat ini banyak orang tua yang kurang memahami tentang pentingnya pendidikan karakter. Jika begitu bagaimana dengan anak-anak mereka yang setiap hari bertumbuh dewasa dan dituntut mengikuti kemajuan zaman? Jika mereka tidak memiliki pendidikan karakter yang baik, maka apalah arti mereka di dalam sebuah masyarakat? Ya, begitu pentingnya pendidikan karakter di dalam masyarakat.

Pendidikan karakter begitu penting untuk diajarkan kepada anak usia dini. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Jika pendidikan karakter di ajarkan kepada anak semenjak usia dini, maka akan lebih baik untuk masa depan anak tersebut.

Selain itu akan mengurangi tingginya tingkat kriminalitas, seperti maraknya penggunaan narkoba, kekerasan, dan lain sebagainya. 

Selain di sekolah, di rumah pun juga harus di ajarkan. Karena peran dan tanggung jawab orang tua sangat berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya dalam mendidik karakter anak.

Anak usia dini sangat sensitif sekali terhadap hal-hal yang ada di sekeliling nya dan apa yang ia lihat. Karena anak lebih sering bersama orang tua nya tentu akan meniru apa yang dilakukan orang tua nya.

Oleh karena itu orang tua harus bersikap yang baik dan menanamkan nilai-nilai positif seperti taat dalam beragama, jujur, baik dalam perbuatan dan juga perkataannya. Jangan pernah memperlihatkan hal-hal yang negatif kepada anak karena ia akan merekam dan melakukan hal yang sama.

Kemudian rasa percaya diri juga harus ditanamkan sejak dini, agar anak tidak merasa minder saat sudah dewasa. Selain itu juga sikap demokratis, mandiri, peduli terhadap sesama, hormat dan sopan kepada orang tua serta orang lain yang lebih tua, disiplin dan hal yang positive lainnya. 

(Red/ Tyas Ayu Kusuma , UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA. )