Perlunya Pengawasan Orang Tua Terhadap Apa Yang Ditonton Anak Usia Dini

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Dalam masa perkembangan teknologi modern di era sekarang ini yang sangat pesat, dalam akhir-akhir ini teknologi awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat yang positif disisi lain juga digunakan untuk hal yang negatif. Seperti halnya anak SD untuk menonton hal hal yang berbau dewasa.

hal positifnya teknologi berperan penting dalam kehidupan seperti mempermudah komunikasi dan hal negatifnya penggunaan teknologi untuk anak SD yang tidak dalam pengawasan orang tua.

Orang tua yang sibuk akan kurang memperhatikan anaknya, kurang meluangkan waktu bersama anak sehingga anak kurang perhatian. para orang tua di era sekarang ini memberikan ponsel kepada anak mereka, tanpa mereka sadar anak-anak mengakses dengan mudahnya apa saja tanpa didampingi orang tua.

bahkan anak-anak usia dini terutama SD  sudah pandai dalam menggunakan atau mengakses internet untuk menonton vidio-vidio yang seharusnya belum pantas ditonton anak usia dini.

seperti banyaknya kasus anak SD yang menirukan dan memeragakan gaya orang dewasa dikarenakan menonton tentang drama percintaan.

Ada lagi anak SD yang membuli temanya, berkelahi seperti apa yang dia tonton di media sosial lalu dipraktekan ke dunia nyata dan belum mengerti dampak dari yang mereka lakukan akan berakibat apa.

apa yang anak tonton akan mempengaruhi pola pikir mereka, ditambah rasa ingin tahu mereka yang tinggi untuk melakukan apapun dari yang mereka tonton.

disini pengawasan orang tua sangan penting dalam perkembangan sang anak dan terhadap apa yang ia tonton. sebaiknya tetap awasi anak-anak dalam memainkan ponsel dan selalu dicek apa saja yang ia akses.

melakukan pendampingan terhadap anak sangat perlu apalagi saat anak menonton sesuatu di internet atau media sosial lainya.

peran dan pengawasan orang tua dalam membimbing anak anak-anaknya sangat dibutuhkan, apalagi anak SD yang masih belum mengerti secara luas.

perhatian orang tua ini diharapkan agar anak menonton yang seharusnya dia tonton bukan yang seharusnya tidak dia tonton.

(Red/ Rahayu Sofiana ,Nim: 2018015367,Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.Yogyakarta )