Posyandu Remaja “GEMAS” Simbang Kulon

Kampus Kita

KORANBOGOr.com,SIMBaNG KULON-Program “Posyandu Remaja” merupakan program terbesar yang diusung oleh kelompok mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro karena terdiri dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda-beda.

Program terbesar ini dinamakan program multidisiplin dimana program ini menggabungkan ide-ide serta inovasi dari permasalahan yang terdapat dalam suatu desa/kelurahan dimana KKN itu diadakan.

Karena bersifat gabungan dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai fakultas seperti psikologi, ilmu sosial dan ilmu politik, ekonomika dan bisnis, teknik, dan hukm.

Program multidisplin “Posyandu Remaja” ini bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Buaran, karang taruna Kelurahan Simbang Kulon, dan tentu saja dengan persetujuan yang telah didapat sebelumnya dari Lurah Simbang Kulon setempat dan Kepala Puskesma Kecamatan Buaran yaitu dr. Endah.

Permulaan adanya ide membuat program “Posyandu Remaja” itu karena di Kelurahan Simbang Kulon sendiri belum pernah ada program seperti ini dan ini adalah program pertama yang nantinya akan dijadikan percontohan di tingkat Kabupaten. 

Dimana para kader dari karang taruna ini dilatih oleh puskesmas agar nantinya mereka dapat melanjutkan program ini maupun Tim II KKN Undip di Simbang Kulon telah berakhir.

Pelatihan ini diberikan langsung oleh ibu bidan Kelurahan Simbang Kulon yaitu Ibu Darotul dan bu Kastinah sebagai bidang koordinator KB, Kader karang taruna yang dilatih terdiri dari enam kader yaitu Lala, Yana, Bella, Nada, Adi, Rofikin, dan Abid. 

Mekanisme prosedur pemberian “Posyandu Remaja” yaitu para kader yang telah dilatih ditempatkan di meja-meja yang menjadi pos-pos pelayanan, meja tersebut terdiri dari:

  • Meja 1: Administrasi
  • Meja 2: BB/TB/IMT
  • Meja 3: Lingkar Pinggang/Tekanan Darah
  • Meja 4: Obat
  • Meja 5: Konsultasi

Dengan adanya “Posyandu Remaja” Tim II KKN Undip di Kelurahan Simbang Kulon berharap bahwa nantinya kader-kader yang telah terlatih ini semakin semangat dan dapat memajukan “Posyandu Remaja” ini untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi remaja yang berkolaborasi dengan puskesmas khususnya agar dapat memberikan pelayanan konsulasi yang semakin baik bagi remaja di Simbang Kulon.

TESTIMONI

“Senang sekali dengan adanya posyandu remaja di Kelurahan Simbang Kulon para remaja di sini menjadi merasa lebih diperhatikan, terlebih dengan adanya konsultasi psikologis yang sangat dibutuhkan oleh para remaja.”

(Muchammad Aunur Rohman-28 th)

“Gebrakan yang kami lakukan melalui posyandu remaja ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat setempat dan instansi terkait (puskesmas dan perangkat kelurahan) karena selama ini belum ada kegiatan serupa di Kelurahan Simbang Kulon”

(Caca Monica-21 th)