Potret Pendidikan di Pelosok Negeri”

Kampus Kita

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Masih banyak sekolah-sekolah di daerah plosok yang masih belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Bangunan sekolah yang megah di perkotaan dengan fasilitas sarana dan prasarana belajar mengajar yang begitu lengkap menjadi hal wajib.

Akan tetapi, semua itu menjadi hal langka ketika di bandingkan dengan kondisi sekolah-sekolah daerah pelosok.

Berbagai masalah yang menghambat proses pendidikan di suatu daerah pelosok masih sering muncul. masalah pemerataan pendidikan kurangnya tenaga guru juga menjadi masalah. Dari segi bangunan sekolah banyak sekali yang sudah rusak bahkan sudah tidak layak untuk menjadi tempat belajar dan mengajar.

Serta pola pembelajaran anak yang masih konvensional. sebab guru hanya menerangkan secara ceramah tanpa adanya inovasi atau modifikasi sistem pembelajaran.

Sehingga tidak ada fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kemajuan proses belajar mengajar yang mereka lakukan, dan juga tenaga didik yang mengajar dengan ilmu yang seadanya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dan menjadi tolak ukur dalam menentukan dan memajukan suatu bangsa.

Kwalitas pendidikan yang baik mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Oleh sebab itu, pemerintah harus mengalihkan dana untuk pembangunan gedung sekolah yang belum ada disetiap penjuru pelosok daerah.

Semua memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh fasilitas gedung sekolah demi kenyamanan dalam belajar dan memberikan guru yang berkualitas.

(Red/Lilis SumarniNim : 2018015147Asal : Belitung Status : Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansisa Yogyakarta