Pramuka di tingkat SD

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pramuka, apa itu pramuka? ya pramuka adalah Prajamuda Karana. Dalam pendidikan kepramukaan, anak –anak diajarkan untuk hidup mandiri, disiplin, menjadi pemimpin, bermanfaat, juga di ajarkan cara bertahan hidup di alam maupun di masyarakat.

Lantas apakah pramuka perlu diajarkan di tingkat SD? Paramuka sangat perlu di ajarkan ditingkat sd untuk membentuk suatu karakter yang baik dan memiliki jiwa mandiri dan disiplin sehingga moral dapat tumbuh dengan baik sejak dini.

Pramuka di SD dipandu oleh Yanda dan Bunda, untuk pramuka di SD biasanya mereka akan diajarkan tentang tali temali dasar,kebudayaan disekitar dan lain sebagainya dengan mengemas pembelajaran tersebut melalui sebuah permainan yang menyenangkan agar mudah materi dapat di terima dengan baik.

Di tingkat SD, seringkali anak-anak di ajak untuk melakukan sebuah perjalanan / penjelajahan sederhana. Dengan tetap dipandu dan diawasi oleh Yanda dan Bunda maupun kakak – kakak anggota pramuka lainnya.

Beberapa kegiatan kepramukaan ditingkat sd antara lain : persami ( Perkemahan sabtu minggu),CCP (cerdas cermat Pramuka) dan kegiatan lain – lainnya.

(red/ Albin Hermawan ,Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.)

Inboxx
Rahayu Eka