Psikoedukasi akan Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Ibu Hamil

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,Wonoyoso, Buaran – Perubahan-perubahan secara psikologis akibat perbedaan peran dan tanggungjawab pasti dialami oleh setiap ibu hamil pasca melahirkan.

Masalah kesehatan mental pada ibu hamil juga dapat bertahan hingga beberapa waktu setelah melahirkan. Tidak hanya itu, masalah kesehatan mental yang lebih ringan seperti gangguan mood dan merasa cemas, bisa menjadi lebih serius pada waktu tersebut.

Akibatnya, hal tersebut tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seorang ibu pasca melahirkan, namun juga dapat mengganggu kedekatan antara ibu dan bayi yang baru lahir.

Hal tersebut perlu disikapi dengan mempersiapkan kematangan mental yang baik dimulai dari saat kehamilan. Salah satunya dengan memperkaya diri dengan psikoedukasi.

Kurangnya kesadaran akan kesehatan mental bagi ibu hamil di Desa Wonoyoso memantik Mahasiswa Tim II KKN Undip Desa Wonoyoso untuk berperan aktif dengan memberikan psikoedukasi dengan cara sosialisasi

No Worries, Smile BrightlyBahaya PostPartum Blues” yang dilaksanakan pada hari Sabtu (27/7) di Balai Desa Wonoyoso, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan.

(Pemberian materi No Worries, Smile Brightly – Bahaya PostPartum Blues oleh Mahasiswa KKN)

Program psikoedukasi ini memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi ibu hamil dalam mengatasi dan menyesuaikan diri akan gelaja-gejala yang terjadi pasca melahirkan, serta mencegah depresi pasca kehamilan seperti baby blues syndrome. 

Program ini dilaksanakan bersamaan dengan “Kelas Rutin Ibu Hamil” yang diinisiasi oleh Puskesmas Buaran, yang pada kesempatan tersebut juga mengisi materi mengenai “Pentingnya Menjaga Kesehatan Ibu Hamil”.

Selama kegiatan sosialisasi, disediakan mainan untuk anak-anak yang turut hadir agar tidak mudah bosan. Seusai materi-materi tersebut disampaikan, dilanjutkan dengan senam ibu hamil yang masih merupakan salah satu program dari Puskesmas Buaran yang bertujuan agar melancarkan peredaran darah, melemaskan otot-otot tubuh, dan menambah relaksasi.

Kemudian diadakan makan sehat lima sempurna untuk menjaga gizi ibu hamil. Acara ditutup dengan foto bersama.

Penulis: Tim II KKN Universitas Diponegoro 2019 Desa Wonoyoso