RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan di indonesia sangat memprihatinkan, seharusnya kita membuat pendidikan ini menjadi lebih berkualitas dan bermutu untuk anak bangsa di indonesia.

Walaupun tanah air di indonesia kaya dengan  alam semesta tetapi miskin dengan pendidikan, apa kita tidak malu dengan negara-negara yang akan maju untuk kedepannya lihatlah ke belakang tentang keadaan kita saat ini banyak sekali daerah-daerah tertentu atau jauh dari jangkauan pemerintah  sangat membutuhkan nilai pendidikan dan kita yang merasakan pendidikan itu hanya dengan hal yang remah dengan menganggap pendidikan itu hanya untuk orang pintar dan kaya saja yang layak mendapatkan pendidikan tersebut.

Coba anda rasakan dan ada cermati ketika melihat seorang anak yang rela mati-matian ingin  merasakan pendidikan itu seperti apa, mereka rela melewati sungai yang arusnya deras tanpa ada jembatan.

Perjalanan yang terjal menuju sekolah yang sangat di bilang kurang baik atau tidak layak dijadikan sebagai tempat menuntut ilmu karena kurangnya akses infrastruktur di daerah terpencil.

Sebenarnya mereka juga mempunyai hak yang sama seperti kita pada saat ini yaitu mendapatkan  pendidikan yang lebih berkualitas.

Kenapa mereka tidak layak untuk mendapatkan sebuah pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan dan kenapa orang yang lebih kaya lebih berhak mendapatkan pendidikan dibandingkan dengan orang yang per-ekonomian rendah  seharusnya pendidikan itu tidak dinilai dari kaya atau miskinnya seorang tapi yang dinilai adalah kecerdasan dan kreativitas mereka.

Tapi keinginan mereka yang membakar semangat untuk menuntut ilmu sampai menjadi orang yang berguna untuk bangsa indonesia. 

Karena mereka ingin membangkitkan bangsa indonesia menjadi bangsa yang lebih maju  dan bermanfaat bagi generasi penerus bangsa kita. Banyak sekali pengetahuan-pengetahuan yang masih belum bisa kita pergunakan dengan baik dan benar. Terkadang yang  kita rasakan adalah rendahnya pendidikan, baik pendidikan formal atau informal. Tampak sangat jelas banyak permasalahan yang sangat serius dalam rendahnya pendidikan di indonesia pada saat ini yang menyebabkan rendahnya pendidikan permasalahan khusus dalam dunia pendidikan pada yaitu sebagai berikut:

1. Rendahnya kualitas guru di daerah terpencil

2. Rendahnya prestasi siswa di dalam bidang akademik ataupun non akademik

3. Mahalnya suatu biaya pendidikan yang membuat perekomonian menjadi sulit tercapai suatu pendidikan

Ini lah yang membuat permasalahan di dunia pendidikan pada saat ini menjadi tidak bermutu.

Hal tersebut telah terbukti dari kualitas siswa, guru, sarana belajar dan lainnya yang membuat pendidikan itu cenderung semakin terpuruk.

Semakin hari pendidikan di indonesia akan terkikis atau hancur, karena banyak guru yang pensiun di usia tua.

Namun ada banyak hal yang membuat mereka tidak belajar secara  normal antara guru atau siswa.

Sehingga mereka tidak memiliki tujuan pendidikan sebelum melaksanakan pendidikan karena menghabiskan banyak waktu untuk hal yang tidak berguna.

Maka dari itu banyaknya perubahan kurikulum dalam pendidikan pada saat ini agar bisa mendidik siswa menjadi lebih mandiri dan kreatif.

(Red/ Merlinda dengan NIM 2018015088 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP )