ROBOT LELE’ – Probiotik untuk Ikan Lele

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,PEKALONGAN-Kelurahan Bligo memiliki beberapa kawasan lahan kosong yang sebenarnya bisa dimanfaatkan jadi lahan serbaguna. Beberapa pemuda yang terdapat di Kelurahan Bligo ini memiliki ide untuk memanfaatkan lahan kosong yang terdapat di sekitaran satu – satunya kali yang terdapat di Kelurahan Bligo ini.

Mereka memanfaatkan lahan kosong tersebut menjadi salah satu kawasan kolam ternak budidaya ikan lele dan menjadi pekerjaan sampingan setelah mereka pulang dari kerja.

Awalnya mereka memang hanya iseng untuk memanfaatkan lahan kosong tersebut agar menjadi sesuatu yang bernilai, namun ternyata hasil panen dari budidaya lele tersebut juga sangat menjamin, sehingga mereka mulai serius dan niat untuk melakukan budidaya ikan lele.

Hal yang paling penting dalam usaha budidaya ikan lele adalah  konsisten, komitmen, dan telaten.

Tiga hal tersebut sangat penting dan jika tidak dilaksanakan maka jelas hasil panen ikan lele mungkin tidak akan sesuai dengan harapan awal.

Para pemuda ini mengeluhkan bahwa sebenarnya pada masa panen hasil panen yang didapatkan belum sesuai harapan karena sebenarnya mereka tidak punya banyak waktu untuk mengurusi ikan lele piaraannya, maka dari itu para pemuda tersebut meminta solusi untuk mengatasi permasalahan bagaimana caranya mereka dapat mengefisienkan waktu mereka tapi tetap mendapat hasil panen yang sesuai dengan harapan mereka.

Pada dasarnya di lingkup budidaya ikan lele sudah terkenal dengan ternak lele dengan sistem bioflok.

Ternak lele dengan sistem bioflok ini dikenal oleh para pembudidaya sangat efektif dan efisien, beberapa keunggulannya adalah karena tidak terlalu memakan banyak tempat, tidak perlu mengganti air, dan sangat mudah.

Bioflok sendiri terdiri dari gumpalan – gumpalan organik yang berasal dari mikroorganisme untuk mengubah limbah dan zat – zat anorganik menjadi bahan organik dan protein sehingga baik untuk kesehatan ikan.

Hal yang paling terpenting dalam sistem bioflok ini adalah larutan probiotik.

Larutan probiotik ini adalah larutan yang berisikan mikroorganisme positif yang berperan untuk menjaga kualitas perairan, mencegah dan mengatasi serangan penyakit ikan lele, serta dapat mengubah sisa – sisa pakan pelet yang tidak termakan menjadi sumber makanan alternatif bagi ikan lele.

Larutan probiotik juga dapat mempercepat masa panen ikan dan menambah bobot dari ikan lele.

Maka dari itu, Tim KKN II Undip 2019 dengan tagline ‘ROBOT LELE’ memberikan solusi pemberian larutan probiotik kepada para pemuda untuk mengatasi permasalahan yang mereka hadapi. Selain itu,

Tim KKN II Undip 2019 juga memberikan edukasi seputar bagaimana budidaya ikan lele yang baik agar menunjang pengetahuan mereka seputar budidaya ikan lele.

Harapannya dengan adanya edukasi seputar larutan probiotik dan budidaya ikan lele ini dapat dijalankan oleh para pemuda di Kelurahan Bligo dan mereka mendapatkan hasil panen yang sesuai dengan harapan mereka. 

Oleh: Cornelia Widya Seprandita

FPIK – Ilmu Kelautan