Sarapan Pagi Kunci Prestasi Siswa di Sekolah

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Sarapan merupakan Suatu kegiatan makan pagi yang sering dilewatkan anak-anak sebelum berangkat ke sekolah.Alasannya mulai dari kesiangan, malas, kurangnya nafsu makan, dan orang tua terlalu sibuk dalam menjalani pekerjaannya, sehingga lupa memberi sarapan pagi pada anaknya.

Harusnya kebiasaan sarapan pagi ditanamkan pada anak usia dini, karena mempunyai manfaat yang sangat menunjang kelancaran aktivitas anak di sekolah. Berikut manfaat sarapan pagi bagi anak-anak usia dini :

  1. Sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas di sekolah

Manfaat pertama sarapan pagi yakni akan memberikan suplai energi bagi anak dalam melakukan aktivitasnya di sekolah, sarapan akan membuat berbagai kegiatan anak di sekolah menjadi lebih maskimal. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa anak-anak di sekolah sangat aktif khususnya anak sekolah dasar yang biasanya ketika bermain sering berlari-larian dengan temannya, kejar-kejaran dan hal tersebut sudah pasti membutuhkan energi yang cukup.

Manfaat sarapan bagi anak bukan hanya dari segi aktivitas fisik melainkan sarapan juga memberi dampak baik dalam aktivitas berpikir anak.

Mungkin kita menganggap bahwa kegiatan belajar siswa tidak terlalu membutuhkan tenaga dan energi, padahal dalam proses belajar anak juga sangat membutuhkan suplai energi yaang digunakan untuk berpikir, menganalisa pelajaran, fokus pada pembelajaran.

Dan adakalanya aktivitas berpikir membutuhkan energi yang lebih besar ketimbang aktivitas fisik .Oleh karena itu jika anda sebagai orang tua berharap anak anda bisa aktif dan berprestasi di sekolah maka alangkah baiknya anda mngupaykan anak anada untuk sarapan terlebih dahulu sebelum ke sekolah.

  1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi anak

Manfaat sarapan selanjutnya bagi anak adalah bisa membuat anak menjadi lebih fokus dan konsentrasi. Mungkin diawal-awal jam pelajaran anak masih kelihatan energi, antusias dan aktif dalam proses pembelajaran dan ketika bermain bersama temannya namun lama kelamaan fokus dan konsentrasi anak akan mulai berkurang.

Menurunnya daya fokus dan konsentrasi bagi anak disekolah adalah hal yang wajar karena selain banyak melakukan aktivitas fisik juga banyak melakukan aktivitas psikis (berpikir) yang membutuhkan banyak energi.

Hal yang kurang baik yang bisa ditimbulkan ketika anak kurang fokus dan konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran adalah anak bisa jadi akan kurang menangkap maksud dari pelajaran yang sedang diajarkan oleh bapak atau ibu guru, dan hal tersebut akan sangat berpengaruh bagi prestasi yang bisa dia raih.

Namun lain halnya jika anak sarapan terlebih dahulu sebelum ke sekolah, karena anak memperoleh suplai energi yang cukup dari makanan yang dia konsumsi saat sarapan dan hal tersebut kemungkinan bisa menjaga daya fokus dan konsentrasi anak sebelum jam istirahat, jika jam istirahat tiba anak bisa makan dan minum lagi sehingga suplai energi anak akan tetap terjaga sepanjang hari.

  1. Menjaga kesehatan anak

Jika anda bertanya penyakit apa saja yang bisa saja muncul dan menimpah anak ketika tidak sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah, maka kemungkinan besaar penyakit yang bisa saja dialami anak adalah mengalami penyakit maag.

Penyakit maag biasanya muncul diakibatkan oleh produksi asam lambung yang meningkat di dalam perut, faktor utama yang menyebabkan tubuh memproduksi asam lambung karena perut dalam kondisi kosong.

Sehingga sangat dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu agar sebelum beraktifitas, temasuk bagi anak sekolah.

Kesehatan yang terganggu biasanya akan membuat anak tidak antusias dalam mengikuti pelajaran dan begitupun sebaliknya ketika kesehatan anak terjaga maka anak akan maksimal dalam menyerap dan memahami setiap pelajaran yang sedang diajarkan oleh gurunya

  1. Menjaga Mood anak

Mood adalah kondisi pikiran seorang anak, terkadang kita biasa melihat anak yang acuh tak acuh dengan apa yang dijelaskan gurunya, tidak bersungguh-sungguh belajar, sehingga anak terkadang kelihatan pasif dalam mengikut pelajaran.

Kondisi mood anak salah satunya bisa disebabkan karena tidak sarapan sebelum ke sekolah, sehingga anak anak mengalami kondisi lemah,letih dan lesu.Keadaan yang demikian sebaiknya menjadi perhatian bagi orang tua.anda tidak mau bukan anak yang anda harapkan bisa berprestasi dan menjadi anak yang sukses kelak mengalami kondisi yang seperti itu.

Tips sarapan yang baik bagi anak sekolah :
1. Komsumsi makanan yang bergizi
Sarapan yang disarankan sebaiknya adalah mengkomsumsi makanan yang mengandung banyak gizi, nutrizi, protein dan karbonhidrat, misalnya saja (telur, roti, kacang-kacangan, nasi, ikan dll)

2. Kurangi memgkomsumsi makanan yang berminyak.
Kenapa mesti mengurangi komsumsi makanan yang berminyak, karena biasanya mengkomsumsi makanan yang berminyak dipagi hari bisa membuat anak mengantuk di sekolah, bukan tidak boleh makan makanan yang berminyak namun sebaiknya dikurangi

3. Minum air terlebih dahulu.
Ada baiknya beberapa saat sebelum sarapan sebaiknya anda meminum air putih dulu, karena biasanya kondisi perut yang baru bangun tidur tidak maksimal dalam mengolah makanan berat (nasi, lauk, dll) sehingga air sangat dianjurkan terlebih dahulu saat bangun tidur.

4. Komsumsi banyak sayur.
Sayur memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh sehingga, sehingga sangat dianjurkan dalam menu sarapan anda menyiapkan juga sayur sebagai salah satu menu.

5. Bekali anak dengan air mineral.
Sebagai tambahan, anda juga bisa menyiapkan bekal air mineal bagi anak anda karena aktivitas yang padat membuat cairan tubuh anak cepat berkurang dan jika cairan tubuh tidak diganti bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu mengkomsumsi air yang cukup sangat penting bagi

(Red/Hafidz Nur Setiadi.Nim : 2018015358. prodi : PGSD Sarjana Wiyata Taman Siswa )