Semangat Belajar Pada Masa Pandemi Bersama Komsibar

Bogor Now Kampus Kita

Oleh Siti Zubaidah (Komunitas Sinau Bareng)

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Belajar dari rumah sekarang ini menjadi kegiatan sehari-hari bagi pelajar ataupun mahasiswa.Masa pandemi membuat keadaan belajar menjadi berubah,semula belajar secara offline atau tatap muka sekarang menjadi online.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran secara daring tidak efektif dan sering kali orang tua mengeluh karena pembelajaran secara online .

Terkadang orang tua kerepotan dalam mendampingi anaknya ketika melaksanakan pembelajaran daring.

Selain itu, terkadang siswa merasa bosan karena pembelajaran yang monoton serta banyaknya tugas yang diberikan oleh guru.

Berawal dari keresahan ketidakefektifan dalam kegiatan pembelajaran daring maka Shaffira Ayuning Byzhura dan teman- temannya membentuk sebuah komunitas belajar bersama yang dinamakan Komsibar
(Komunitas Sinau Bareng).Komunitas belajar ini membantu dalam pembelajaran daring dan membuat pembelajaran daring menjadi lebih mengasyikan.

Komsibar (Komunitas Sinau Bareng) diketuai oleh Shaffira Ayuning Byzhura. Kegiatan ini berpusat di desa Plumbon, Kecamatan Temon, Kulon Progo Yogyakarta serta salah satu mitranya berada di daerah Ngawi, Jawa Timur.

Karena banyak yang berminat sehingga lokasi pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu di Sekretariat Komsibar dan di Masjid yang ada di dekat
Sekretariat Komsibar.

Sekretariat Komsibar merupakan tempat tinggal Triana Nur Shoimah yang berada di Desa Plumbon, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Triana Nur Shoimah merupakan salah satu pengurus dari Komsibar (Komunitas Sinau Bareng).

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar terutama ibu-ibu yang kurang mengerti mengenai teknologi dan tidak memiliki waktu luang untuk mendampingi anaknya saat pembelajaran daring.

Selain disambut baik oleh masyarakat sekitar,Komsibar juga mendapat
dukungan dari Bupati Kulon Progo dan memberikan izin serta mendapatkan sedikit dana untuk menjalankan kegiatannya.

Kegiatan sinau bareng ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan
seperti memakai masker, mencuci tangan, cek suhu.Adik-adik yang tidak memenuhi proses tersebut, diminta untuk kembali ke rumah.

Kegiatan yang dilakukan Komsibar yaitu belajar bersama baik secara akademik maupun softskill tetapi kegiatan di Komsibar lebih menekankan softskill dan pendidikan karakter.

Kegiatan belajar yang dilakukan bersama kakak – kakak Komsibar dibuat menyenangkan dan variatif. Semua kalangan mulai dari TK, SD, SMP ataupun SMA boleh mengikuti kegiatan belajar bersama ini.

Selain kegiatan belajar bersama,Komsibar mempunyai perpustakan untuk
referensi kegiatan belajar bersama.Perpustakaan milik Komsibar bernama Parahita.

Perpustakaan Baca Parahita ini mempunyai berbagai macam buku, mulai dari buku anak-anak, buku pelajaran SD, hingga buku persiapan SBMPTN.

Jadi, selain belajar bersama dengan kakak – kakak Komsibar, anak- anak juga bisa membaca buku di perpustakaan ini.

Buku-buku ini didapatkan dari donatur yang digunakan untuk kegiatan belajar bersama setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00 – 11.00 WIB.
Perpustakaan Milik Komsibar bernama Perpustakaan Baca Parahita. Dokumen Komsibar

Kegiatan yang dilaksanakan Komsibar ini gratis atau tidak dipungut biaya karena seperti konsep Komsibar yaitu saling berbagi satu sama lain.

Seperti slogan dari Komsibar yaitu “Dariku Untukmu Darimu Untukku”, anggota dan pengurus Komsibar mendampingi adik – adik bukan
hanya sebagai guru dan murid tetapi juga sebagai seorang pengajar yang juga pembelajar.

Komunitas yang didirikan di tengah pandemi ini diharapkan bisa bermanfaat bagi sesama dan dapat membantu masyarakat sekitar terutama pada sektor pendidikan, sesuai dengan tujuan yaitu
sebagai wadah untuk berkembang serta berkontribusi bersama-sama terhadap sekitar khususnya pada isu pendidikan serta sosial.