Sosialiasi Parenting Memilih Hiburan Cerdas untuk Anak

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,KERTIJAYAN-Mahasiswa mengajak orang tua membuat alat permainan edukatif mozaik di Posyandu II Desa Kertijayan (24/7/2019). Alat dan bahan yang dapat digunakan berupa kertas hvs, origami, gunting dan lem.

Mahasiswa tim II KKN Universitas Diponegoro bekerja sama dengan kader posyandu Desa Kertijayan menyelenggarakan kegiatan sosial bertema parenting.

Kegiatan yang berlangsung pada (24/7/2019) di Posyandu II Desa Kertijayan sekaligus sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 10 orang tua dengan balita terdaftar di Posyandu II Desa Kertijayan. Dalam kegiatan tersebut, orang tua diberikan pengetahuan pentingnya pendampingan menonton televisi pada buah hati dan pengetahuan terhadap rating televisi.

Hal ini melihat, televisi merupakan sumber hiburan utama bagi masyarakat Desa Kertijayan termasuk anak-anak.

Maka dikhawatirkan menonton televisi tanpa pendampingan orang tua dan tidak sesuai usia dapat menyebabkan dampak negatif anak seperti meniru gaya hidup bebas, risiko seksual maupun unsur-unsur kekerasan yang akan mempengaruhi perilakunya kelak jika tidak diberikan pemahaman yang bijaksana.

Selain itu, orang tua juga diberikan pengetahuan mengenai hiburan alternatif yang dapat diberikan pada si kecil. Orang tua dapat membuat alat permainan edukatif sederhana yang dapat ditiru di rumah. Salah satunya mozaik.

Dengan alat permainan ini anak dapat mengenali bentuk dan warna, melatih daya ingat, melatih motorik serta meningkatkan kreativitasnya.

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat membuat orang tua lebih selektif dalam memberikan hiburan untuk anak seperti tontonan dan alat permainan sesuai usianya. (Lucinda Putri/Ilmu Komunikasi UNDIP)