Usung Gerakan Revolusi Mental,Tim II KKN Undip 2019 Tanamkan Jiwa Sadar Lingkungan Melalui Bersih Desa

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,Nyemoh,Kab.Semarang – Lingkungan yang bersih merupakan awal hidup yang sehat.Pepatah tersebut seakan tak pernah dihiraukan oleh masyarakat, hingga saat ini sampah tetap saja menjadi problematik yang belum terselesaikan di berbagai daerah, tak terkecuali Desa Nyemoh, Kec. Bringin. 

Berawal dari tempat pembuangan sampah yang minim hingga persepsi akan pengolahan sampah menggunakan cara dibakar, masyarakat Desa Nyemoh menganggap hal tersebut merupakan sesuatu yang lazim.

Maka dari itu, berangkat atas Gerakan Revolusi Mental yang diusung oleh Tim II KKN UNDIP 2019, Desa Nyemoh bersama Tim II KKN mengadakan kegiatan “Bersih Desa” pada Sabtu (27/7) pukul 06.30 WIB.

Tim II KKN Undip 2019 Desa Nyemoh terdiri dari 10 orang yakni, Navanya Gabriela Cuaca jurusan Ilmu Hukum sebagai penanggung jawab kegiatan Bersih Desa, Naufal Yudistira jurusan Teknik Industri dan Dimas Muhammad Ilham jurusan Kedokteran sebagai seksi perkap menyiapkan peralatan seperti alat bersih, microfon, tikar, dll.  Ilmaa Samara jurusan Ilmu Pemerintahan sebagai seksi absensi yang tugasnya mendata warga yang ikut serta dalam bersih desa, Wanda Yuliani jurusan Matematika dan Monica Pratiwi Simbolon jurusan Teknologi Pangan sebagai seksi konsumsi. Zidny Ilma jurusan Akutansi Hanik Sa’adah jurusan Biologi sebagai seksi doorprize yang bertanggung jawab membagikan kupon doorprize. Bella Yunita jurusan Ilmu Komunikasi sebagai MC, dan yang terakhir Laurensius Daniel jurusan Matematika sebagai seksi dokumentasi. 

Acara “Bersih Desa” dalam Gerakan Revolusi Mental merupakan serangkaian acara kerja bakti yang dilakukan secara bertahap untuk menimbulkan perubahan mental melalui kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah.

Kegiatan “Bersih Desa” ini juga dijadikan Tim II KKN Undip 2019 dan masyrakat Desa Nyemoh sebagai momen khusus untuk menghias Desa Nyemoh mulai dari mengecat jalan hingga memasang umbul-umbul sebagai wujud kontribusi masyarakat untuk menyambut kemeriahan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2019 mendatang.

“Revolusi mental bukanlah proyek, tapi sebuah gerakan. Komitmen dan tindakan nyata dibutuhkan untuk memastikan Gerakan Nasional Revolusi Mental dapat berjalan dan berdampak positif pada pembangunan dan pembentukan karakter masyarakat Desa Nyemoh.” Ujar Dimas Muhammad Ilham, Mahasiswa Kedokteran Undip 2016

Pembukaan “Bersih Desa” Nyemoh bertempat di Dusun Nyemoh Timur, khususnya RT 01. Tanpa basa basi, masyarakat langsung terjun ke lokasi yang sudah ditetapkan yakni deretan jalan utama menuju Dusun Nyemoh Timur.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan masyarakat terlihat sangat antusias mengikuti kerja bakti.

Selang 1 jam, masyarakat di izinkan untuk istirahat sambil menyantap hidangan snack yang sudah disiapkan dan mengisi daftar hadir sebagai syarat untuk mendapatkan nomor kupon doorprize. Selanjutnya kegiatan kerja bakti dilanjutkan kembali selama 1 jam.

Aksi kerja bakti jalan utama Dusun Nyemoh Timur menjadi salah satu sorotan pelaksanaan aksi nyata revolusi mental, khususnya terkait dengan Gerakan Indonesia Bersih.

 “Penerapan GNRM tidak perlu ribet-ribet. Pembersihan jalan utama Dusun Nyemoh Timur merupakan langkah nyata yang perlu diapresiasi, mulai dari hal kecil bisa berdampak ke masyarakat luas.” Ujar Ilmaa Samara, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Undip 2016

Pukul 09.00 setelah dirasa sudah cukup, warga dihimbau untuk kembali dan berkumpul di rumah Kepala Dusun Nyemoh Timur. Selanjutnya acara diisi oleh sambutan dari Koordinator Desa Tim II KKN dan Kepala Desa Nyemoh.

“Terimakasih bapak dan ibu yang sudah hadir dalam kegiatan kerja bakti ini. Saya ingin mengingatkan dan membuat perubahan atas sikap kita, bahwa menjaga lingkungan itu sangat perlu agar kehidupan kita bisa lebih baik kedepanya” ujar Naufal Yudistira selaku Koordinator Desa Tim II KKN UNDIP 2019

Selanjutnya, Ibu Kepala Desa Siti Mariyah Ulfa dalam sambutanya juga berterimakasih dan berharap dengan kegiatan yang dilakukan oleh Tim II KKN ini dapat menjadikan Desa Nyemoh semakin maju.

Acara selanjutnya yakni pemberian alat kebersihan secara simbolik berupa sapu lidi dan arit kepada Ketua RT 01 Dusun Nyemoh Timur.

Nantinya, Tim II KKN akan memberikan tong sampah ke tiap-tiap dusun, harapanya agar kegiatan “Bersih Desa” Gerakan Revolusi Mental ini dapat melekat di hati masyarakat dan berlangsung dalam jangka panjang.

Namun tong masih dalam proses pembuatan. Yang terakhir adalah pemberian doorprize untuk memeriahkan kegiatan dan menambah semangat masyarakat yang telah mengikuti kerja bakti sampai akhir acara. Rangkaian “Bersih Desa” selanjutnya akan disusul di dusun lainnya seperti Nyemoh Barat, Kuncir, Tunggul, dan Wonorejo.

(Red/  Bella Yunita mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip mengirim berita terlampir sebagai syarat publikasi tugas KKN TIM II Undip 2019 Gerakan Revolusi Mental, mohon bantuan untuk kelancaran tugas tersebut. terimakasih 🙂