Wisata Sejarah di Kota Yogyakarta

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKaRTA-Pesona Kota Yogyakarta terus mengundang wisata untuk berkunjung dan menikmati suasannya.

Wisata alam, budaya, dan sejarah membuat Kota Yogyakarta tak pernah sepi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sebagai daerah yang masih kental dengan budaya Jawa dan Kerajaannya dapat dilihat dari bangunan dan lingkungan peninggalan yang bersejarah, kini tempat-tempat bersejarah tersebut dapat dinikmati sebagai tempat wisata di Kota Yogyakarta.

Berbagai macam wisata sejarah yang ada di Yogyakarta antara lain Museum Perjuangan Yogyakarta, Keraton Yogyakarta,Masjid Agung Yogyakarta dan Museum Benteng Vredeburg. Tempat wisata bersejarah ini terletak di tengah Kota dan mudah ditemukan oleh para wisatawan.

Museum Perjuangan Yogyakarta terletak di Jl. Kolonel Sugiyono No.24, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Kurang lebih 2 km dari pusat Kota, museum ini didirikan dengan tujuan untuk memperingati setengah abad kebangkitan nasional.

Keraton Yogyakarta merupakan bangunan istana kerajaan mataram islam. Pimpinan tertinggi di pegang oleh seorang Sultan dari Sultan pertama sampai dengan Sultan ke sepuluh hingga saat ini.

Wilayah kekuasaan meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah terkecuali Karesidenan Surakarta.

Raja Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono di bantu oleh seorang wakil dengan gelar Sri Pakualam. Untuk saat ini  Keraton Yogykarta merupakan bangunan bersejarah yang dapat di kunjungi oleh para wisatawan.

Masjid Agung Yogyakarta, merupakan masjid yang masih memiliki ikatan dengan Keraton Yogyakarta. Masjid ini didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I setelah berdirinya Keraton Yogyakarta.

Terletak disisi barat Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Digunakannya masjid sebagai tempat ibadah seluruh masyarakat Yogyakarta, tak luput juga komplek masjid digunakan sebagai kegiatan budaya hingga saat ini contohnya rangkaian kegiatan Maulud Nabi dengan dibunyikannya Gamelan (skaten).

Museum Benteng Vredeburg adalah museum yang terletak di tengah pusat kota tepatnya di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Museum ini terletak di depan Gedung Agung dan di sebelah utara Keraton Yogyakarta.

Di berbagai bangunan di dalam Museum terdapat gambaran cerita mengenai sejarah indonesia. Museum ini buka dari hari Selasa sampai dengan hari Minggu pada pukul 07.30-16.00 WIB.

Harga tiket masuk (HTM) Museum untuk orang dewasa Rp. 3.000 dan untuk anak-anak Rp. 2.000 .Itu tadi berberapa lokasi wisata sejarah di Yogyakarta yang dapat dikunjungi, selain dapat menjadi destinasi wisata yang unik dan menyenangkan.

Kawasan tersebut juga dapat menambah pengetahuan kita mengenai sejarah di kota Yogyakarta.

(red/ Raras Rahma Arifiani dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )