Airlangga Hartato : Kartu Prakerja Bisa Hangus Bila Tak Digunakan

Bogor Now Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pelatihan pertama dalam program Kartu Prakerja bisa hangus jika dalam waktu 30 hari tidak digunakan oleh peserta sejak ditetapkan sebagai penerima yang lolos seleksi.

“Kesempatan ini silakan dioptimalkan,” katanya dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Untuk sisa bantuan biaya pelatihan dalam gelombang pertama, kata dia, dapat digunakan untuk pelatihan kedua atau ketiga hingga 31 Desember 2020.

Setiap penerima Kartu Prakerja mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3.550.000, yang terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli satu atau lebih pelatihan di mitra kanal digital.

Kemudian, insentif bagi peserta sebesar Rp 600.000 per bulan diberikan selama empat bulan dan biaya sebesar Rp 150.000 untuk survei sebanyak tiga kali terkait pelatihan.

“Insentif akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, OVO, atau GoPay milik peserta,” imbuh Airlangga.

Bagi peserta yang diterima, Airlangga menambahkan dapat langsung membeli pelatihan yang diinginkan dengan metode bayar menggunakan Kartu Prakerja, dengan kode unik 16 angka.

“Apabila pendaftaran belum diterima, calon peserta dapat bergabung di gelombang pendaftaran selanjutnya dan tidak perlu mengulang proses pendaftaran dari awal, tinggal pilih nanti mau bergabung di gelombang berapa,” imbuhnya.

Antusiasme calon peserta Kartu Prakerja terhitung sangat tinggi pada periode pendaftaran gelombang pertama yang dimulai pada Sabtu (11/4/2020) hingga Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB total mencapai 5.965.048 pengguna.

Pemerintah menyediakan sebanyak 200 ribu peserta untuk tahap pertama setelah mereka mendapatkan pemberitahuan melalui pesan singkat atau SMS.

“Bagi 1.878.026 yang belum ikut batch pertama ini, tidak perlu daftar ulang dan kami berikan melalui email link di komputer atau smartphonenya. Itu bisa diklik mau ikut ke gelombang kedua, ketiga, seterusnya,” katanya dalam jumpa pers daring.

Pemerintah siap membuka gelombang kedua pendaftaran Kartu Prakerja mulai Senin, 20 April pukul 08.00 WIB sampai Kamis, 23 April pukul 16.00 WIB.

Rencananya, pendaftaran Kartu Prakerja dibuka per minggu, sampai dengan minggu keempat November 2020.

Menko Airlangga menambahkan Program Kartu Prakerja menyediakan 2.055 pelatihan daring oleh 198 lembaga pelatihan bekerja sama dengan delapan kanal digital.(Red)