Babinsa Kepatihan Wetan Bantu Warga Menyembelih Hewan Kurban

Nusantara

KORANBOGOR.com, SURAKARTA,–

Surakarta – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Kepatihan Wetan Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serda Budion membantu kegiatan penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Al Fatih Jl.Pamedan No.5 RT 6 RW 1 Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

” Penyembelihan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melaksanakan perintah Allah SWT agar menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul adha,”jelas Serda Budiono

Di tahun ini panitia H.M.Choiri menyembelih hewan qurban sebanyak 6 ekor sapi, 15 ekor kambing yang berasal dari sumbangan jemaah, yang terketuk hatinya untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk mendermakan hewan kurbannya.

“Hukum melaksanakan kurban pada dasarnya adalah sunnah muakkad (sunnah yang diutamakan). Artinya, ibadah kurban sangat dianjurkan bagi setiap umat Muslim yang mampu (finansial),” jelas H.M.Choiri

Nantinya, lanjutnya lagi, hewan kurban yang sudah disembelih akan dibagikan kepada orang-orang sekitar dan sebagian lagi disedekahkan dengan mekanisme diantar ke rumah masing masing sesuai instruksi Walikota Surakarta sebagai upaya pencegahan Pandemi Covid19 ini.

“Adapun orang – orang yang boleh menerima daging kurban diantara adalah shohibul kurban ( orang yang berqurban ), sahabat, rekan dan tetangga serta fakir dan miskin,”ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan Serda Budiono sebagai upaya membina hubungan silahturahmi antara Koramil 04/Jebres dengan masyarakat agar tercipta keharmonisan dan keakraban serta tercipta Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Salah satu tugas yang dilaksanakan oleh Babinsa adalah ikut serta berperan aktif memberikan pendampingan dan membantu pelaksanaan pembagian daging pada Idul Adha Tahun 1441 H / 2020 M agar berjalan dengan tertib dan lancar.***

Penyaji : Arda 72 Pendim Surakarta