Babinsa Siap Siaga Pada Setiap Giat Warga

Nusantara

KORANBOGOR.com, BOYOLALI, Demi menyukseskan program imunisasi BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) Campak yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Babinsa Ijo Temon Koramil 12 /Simo Kodim 0724/Boyolali, Serma Sriono melakukan pendampingan terhadap giat imunisasi campak di wilayah binaannya bersama dengan Tim Bias Puskesmas Simo Kabupaten Boyolali. Sabtu (19.9/20).

Serma Sriono giat imunisasi tersebut dilakukan di MIN 7 Temon sejumlah 40 siswa dan SDN 2 Sambi delapan siswa. Pendampingan yang di lakukan Babinsa dalam Bias sebagai bagian dari tugas-tugas kewilayahan aparat teritorial. “Terlebih sebagai satgas pengawas Covid 19 di wilayah, giat ini haruslah mengikuti prosedur protokol kesehatan”.

“Kehadiran Babinsa dalam giat imunisasi campak ini juga dimaksudkan sebagai pengganti orang tua bagi pelajar yang akan disuntik imunisasi agar pelajar tidak merasa takut untuk di berikan imunisasi, saat ini imunisasi anak sangatlah penting apalagi di tengah pandemi Covid 19,” ujarnya.

“Imunisasi campak ini sangat penting bagi anak usia dini apalagi dalam situasi pandemi Covid 19 belum berakhir. Dari sekian siswa yang di imunisasi ada beberapa siswa maupun siswi yang merasa takut, namun semua harus tetap diimunisasi tinggal kita yang membujuknya supaya berani diimunisasi,” kata Serma Sriono.

“Imunisasi campak ini bertujuan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga anak tidak mudah terserang sakit. Pendampingan yang dilakukan Babinsa Sambi ini untuk menjalin hubungan kerjasama antara Pihak UPT Puskesmas dengan Koramil 12/Simo,” terang dia.

Sementara Bidan Desa Trik Marsiyanti mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan keberadaan Babinsa yang mendampingi kegiatan Bias ini. “Kami selalu berkoordinasi manakala ada kegiatan di desa yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat, termasuk juga tentang Kegiatan KB dan posyandu,”.***

Penyaji : Agus Kemplu 72