Babinsa Wujudkan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid19

Nusantara

KORANBOGOR.com, SURAKARTA, –Babinsa Danukusuman Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Koptu S.Tito melakukan pendampingan kegiatan budidaya lele dan sayuran bersama media terpal di Pendopo Kelurahan Danukusuman Kec. Serengan Kota Surakarta, Kamis kemarin (3.9/20).

Kata Koptu hal ini merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat ditengah tengah masa pandemi Covid19 dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan budidaya lele dan sayuran.

Ditambah lagi sambungnya budidaya lele dan sayur cukup memanfaatkan lahan sempit dan hanya memerlukan wadah ember atau terpal (yang dibuat lingkaran). Budidaya ini dinamakan Mini Mina Ponik, budidaya ini cocok diterapkan ditengah Pandemi Virus Corona.

Menurut Angga Rustam, selaku mentor dari Kontak Tani Andalan (KTA) Surakarta, budidaya hanya memanfaatkan lahan 1meter persegi saja dengan ukuran diameter tinggi 50 cm, diameter 60cm dengan kapasitas air untuk 100 liter dalam satu tempat ini mampu diisi 100 ekor bibit ikan lele dan untuk sayurannya bisa dipilih kangkung atau seledri karena kedua tanaman ini banyak membutuhkan air.

Agar bibit lele tidak pada mati sambung dia dibutuhkan penggunaan air sekitar 30% dan dipasang filter sebagai gelembung oksigen.

Kegiatan ini langsung didampingi oleh Saryoto sebagai Lurah Danukusuman.***

Penyaji :Agus Kemplu