Bakamla RI – Korea Coast Guard Kuatkan Kerja Sama Bidang Capacity Building

Internasional Nusantara

KORANBOGOR.com,KOREA SELATAN-Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. melaksanakan kunjungan kerja ke Seoul, Mokpo, dan Yeosu, di Korea Selatan, 18-22 Agustus 2019. 

Tujuan dilaksanakannya kunjungan ialah untuk mengimplementasikan MoU Kerja Sama Keamanan Maritim antara Bakamla RI / Indonesian Coast Guard (IDNCG) dan Korea Coast Guard (KCG) sebagai bagian dari Kemitraan Strategis antara Pemerintah Republik Indonesia dan Republik Korea.

Dalam pertemuan tingkat tinggi antara pimpinan Bakamla RI dan KCG yang dilaksanakan pada Senin (19/8) di Markas Besar KCG di Incheon, disepakati bahwa prioritas pelaksanaan kerja sama ke depan ialah bidang capacity building atau peningkatan kapasitas personel, dan pembentukan Hotline antara Bakamla RI dan KCG.

Hal yang digarisbawahi dari kerja sama peningkatan kapasitas personel ialah dukungan penuh dari KCG yang diterjemahkan dalam bentuk Proposal Official Development Assistance (ODA), yaitu proposal pembentukan Akademi Bakamla RI yang akan diajukan bersama oleh KCG dan Bakamla RI sesuai dengan prosedur yang berlaku dengan melibatkan kementerian/lembaga (K/L) terkait di kedua negara.

Dalam rangka pemantapan penyusunan proposal ODA pembentukan Akademi Bakamla RI, kepala Bakamla RI beserta delegasi mengunjungi pangkalan KCG di Mokpo untuk meninjau unit Sea Special Attack Team (SSAT) KCG, dan Akademi KCG di Yeosu pada tanggal 20-21 Agustus 2019. Sebagai tindak lanjut dari kunjungan tersebut, Kepala Bakamla RI menegaskan bahwa SSAT KCG dan Akademi KCG dapat dijadikan contoh bagi pengembangan unit serupa di Bakamla RI.

Agenda lain yang dilaksanakan yaitu kunjungan kehormatan Kepala Bakamla RI kepada Duta Besar RI di Seoul, yang dimaksudkan untuk senantiasa menjaga kerja sama, koordinasi, dan hubungan baik serta memastikan kerja sama luar negeri Bakamla RI sejalan dengan kebijakan luar negeri Pemerintah RI.

Kunjungan kerja mendapatkan dukungan penuh dari KBRI Seoul dan KCG, dimana selama kunjungan kerja, Kepala Bakamla RI dan delegasi selalu disambut hangat dan penuh persahabatan. Selanjutnya, setelah pelaksanaan kunjungan kerja ke Korea Selatan, Bakamla RI akan berkoordinasi dengan K/L terkait di jajaran Pemerintah Republik Indonesia.
Dalam melaksanakan kunjungan kerja, Kepala Bakamla RI didampingi oleh Deputi Operasi dan Latihan Laksamana Muda Bakamla T. N. S. B. Hutabarat, Kepala Subdirektorat Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, dan Staf Administrasi  Kepala Bakamla RI Mayor Bakamla Lisa Yunistyanti.

Autentikasi :Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono