Berita Foto: Dampak Positif TMMD Bagi Warga Kalikondang

Nusantara

KORANBOGOR.com,DEMAK — TMMD Reguler – 105 Kodim 0716/Demak Bp. Sumarno merasa Senang Rumahnya Akan Dijadikan Rumah inap Satgas TMMD.

Mendekati di bukannya TMMD Reg 105 di wilayah Kodim 0716/Demak, Kopda Agus Purwadi Babinsa 01 Kota mengecek lokasi yang akan digunakan untuk Rumah inap pasukan Satgas TMMD Reg 105 di rumah Bp. Sumarno RT 01 RW 02 Dukuh Krajan Desa Kalikondang Kecamatan Demak kota Kabupaten Demak.

Di tempat terpisah Danramil 01/Demak Kota Kapten Kav Karmadi mengharap kerja keras anggotanya untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang digunakan dalam TMMD salah satunya adalah Rumah inap pasukan TMMD Reg 105 Th 2019.

Beberapa titik rumah warga akan digunakan untuk inap pasukan, salah satunya adalah rumah milik BPK. Sumarno warga RT 01 RW 02 Dukuh Krajan, yang kebetulan rumahnya tersebut ditinggali bersama istrinya karena anaknya sudah berkeluarga semua.

” Rumah dalam kondisi baik, ada MCK dan sumur yang sangat cukup airnya sehingga pasukan Satgas tidak kebingungan mendapatkan air, “ ungkap Danramil.

Sementara itu Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto memerintahkan kepada Danramil untuk menyiapkan lokasi Rumah inap pasukan Satgas TMMD Reg 105 Th 2019 tersebar di wilayah Desa Kalikondang Kecamatan Demak Kabupaten Demak sehingga dapat mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“ sengaja pasukan Satgas di tempatkan terpencar di rumah milik warga, agar ada interaksi antara warga dengan TNI yang bertugas sebagai Satgas TMMD Reg 105 nantinya, “ kata Dandim.(Pendim 0716/Demak)

Teriknya Matahari Tak Menyurutkan Satgas TMMD Kejar Target

DEMAK – Tidak hanya bergelut dengan lumpur di sebagian pekerjaan fisik TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak dengan sasaran Desa kalikondang, Kecamatan Demak Kota. Melainkan, para Satgas TMMD juga didera dengan panasnya terik matahari.

”Salah satu “musuh” kami bekerja di sejumlah sasaran fisik TMMD Kalikondang adalah teriknya matahari. Namun demikian tidak menjadi halangan, semua itu tidak menyurutkan tekad kami untuk mengejar target perampungan seluruh sasaran fisik yang sudah diprogramkan komando atas,” ungkap Kopka Jamari, salah satu anggota Satgas TMMD Kodim Demak.

Kopka jamari mengapresiasi partisipasi warga desa sasaran di setiap kegiatan TMMD. Sebagian ikut bekerja di lapangan, sebagian lagi atas inisiatif mereka menyediakan logistik berupa makanan ringan dan minuman. 

”Meskipasan kami tidak boleh kendor, karena semua sudah dipatok target dan harapannya semua sasaran fisik harus selesai sebelum TMMD usai,” tambah Kopka jamari. (pendim 0716/Demak)

Tentara Ahli Tukang Akan Diterjunkan di TMMD Kalikondang

DEMAK –  Jajaran Kodim 0716/Demak akan terjunkan sejumlah personilnya yang ahli pertukangan (kayu maupun batu) di desa sasaran, yakni Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota. Harapannya, para Tentara yang ahli tukang itu akan menjadi andalan menyelesaikan semua program fisik yang sudah dicanangkan.

Pasiter Kodim Demak, kapten Inf. Mulyadi menjelaskan, ada sejumlah anggota Kodim Demak yang termasuk kategori ahli tukang, baik tukang kayu maupun tukang batu.

Untuk personil yang ahli tukang kayu akan diplot di sejumlah sasaran fisik seperti rehab sejumlah RTLH milik warga desa sasaran pembangunan pos kamling. Sedangkan untuk personil yang ahli tukang batu akan diplot di sejumlah sasaran fisik seperti pembangunan talud,saluran maupun pembetonan jalan.

”Anggota yang ahli tukang nantinya akan berkolaborasi dengan para tukang yang ada di desa sasaran. Potensi tenaga ahli sudah mumpuni, mudah-mudahan semua sasaran fisik yang telah diprogramkan akan selesai sebelum TMMD usai,” harap Kapten Inf. Mulyadi. (pendim 0716/Demak)

Dandim Inginkan Pembukaan “TMMD Kalikondang” Meriah

DEMAK – Sementara kegiatan Pra TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak di Desa Kalikondang terus digeber, jajaran Kodim setempat saat ini juga konsentrasi untuk acara pembukaan TMMD yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 10 Juli 2019 mendatang.

Tidak hanya pembersihan lapangan yang akan digunakan untuk lokasi upacara, melainkan sejumlah acara tambahan terus diupayakan, agar suasana benar-benar meriah tanpa mengenyampingkan asas manfaat bagi warga sekitar desa sasaran.

Terpisah, Dandim Demak, Letkkol. Inf. Abi Kusnianto menandaskan, bahwa pihaknya menginginkan upacara pembukaan TMMD Kalikondang semeriah mungkin. Tidak hanya seremonial semata, melainkan acara tambahan dengan dominasi acara bhakti sosial harus ada. ”Disamping tampilan kesenian khas Demak,” tandasnya.

Terpisah Pasiter Kodim Demak, Kapten. Inf. Mulyadi, direncanakan akan banyak acara tambahan di pembukaan TMMD Kalikondang nantinya. seperti bazar, bhakti sosial donor darah, pelayanan gratis KB Kes, dan sejumlah acara lainnya. (pendim 0716/Demak)

Bergelut Dengan Lumpur “Menu Harian” Bagi Satgas TMMD Kalikondang

DEMAK – Di pekerjaan fisik TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak dengan sasaran Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota, yakni pembangunan saluran, bergelut dengan lumpur merupakan “menu harian” bagi para Satgas TMMD dan warga setempat.

Sebagaimana diketahui, di Pra TMMD sejumlah sasaran fisik TMMD Kalikondang sudah mulai disentuh. Diantaranya pembangunan saluran air yang ada di desa sasaran. ”Kondisi saluran memang berlumpur, sehingga untuk mengerjakannya kami harus bergelut dengan lumpur. Tidak ada persoalan, lumpur kami geluti demi sukses TMMD Kalikondang,” ungkap Serda Jumiran, salah seorang anggota Satgas TMMD Kodim Demak.

Terpisah, Danramil 01/Demak Kota, Kodim Demak, Kapten. Kav. Karmadi mengemukakan, target sasaran fisik pembangunan saluran di Pra TMMD sudah bisa mencapai 70 persen. ”Mudah-mudahan target terpenuhi, karena untuk droping material tidak ada masalah, sementarapelibatan warga desa sasaran juga maksimal,” paparnya. (pendim 0716/Demak)

Pemkab Akan Upayakan Non Fisik Tambahan di TMMD Kalikondang

DEMAK –  Seperti komitmen awal bahwa akan akan all out membantu pelaksanaan TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota, Pemkab Demak akan upayakan non fisik tambahan di TMMD itu. Harapannya, di agenda TMMD Reguler 4 tahunan itu asas manfaat yang dirasakan oleh warga masyarakat desa sasaran. 

Sebagaimana diketahui, mewakili Bupati Demak, H.M Natsir S.Ag.MM.M.Pd, Sekda Kabupaten Demak, dr Singgih Setyono M.Kes menyatakan, Pemkab Demak akan all out ikut  membantu mensukseskan program TMMD reguler Kodim Demak.

Sekda Singgih mengemukakan, bahwa terkait akan digelarnya TMMD di Kalikondang tersebut, Pemkab Blora telah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaannya. Sementara itu, Kepada seluruh Kepala SKPD telah diperintahkan untuk memberikan yang terbaik di “Kalikondang” dengan bidangnya masing-masing. Mulai bidang yang menangani RLTH, Karang Taruna, agama, Kesehatan, KB.

Terpisah Pasiter Kodim Demak, Kapten Inf. Mulyadi mengatakan, untuk sementara sudah diplot sejumlah agenda sasaran fisik di TMMD Kalikondang, diantaranya berbagai macam penyuluhan. ”Namun demikian tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada banyak acara tambahannya,” papar Kapten Mulyadi. (pendim 0716/Demak)

Sudah Susun Jadwal Kerja Bhakti Warga di Lokasi TMMD

DEMAK – Tidak menyia-nyiakan “kesempatan emas” terkait gelaran TMMD Reguler ke – 105 di desanya, Kades Kalikondang, Kecamatan Demak Kota, Asif Barchiya, akan memanfaatkan secara maksimal semua peluang yang ada untuk memajukan desanya.

Dia mengemukakan,sosialisasi secara maksimal sudah diberikan kepada semua warganya. Dia “wanti-wanti” kepada warganya untuk bersilahturahmi dengan para TNI Kodim Demak yang akan berada di Kalikondang selama satu bulan lebih, terkait pelaksanaan TMMD. ”Yang jelas saya jamin untuk pelibatan warga saya di semua kegiatan TMMD akan maksimal,” tandas Kades Asif.

Menurutnya, jauh-jauh hari, selain secara intens melakukan sosialisasi TMMD kepada warganya, jadwal kerja bhakti bagi warga di sejumlah kegiatan fisik sudah disusun. Dengan cara itu nantinya pelibatan warga di semua kegiatan TMMD bisa  maksimal tanpa harus mengganggu rutinitas warga dalam mencari nafkah sehari-harinya. (pendim 0716/Demak)

Ibu-Ibu PKK Diminta Bantu dan Sukseskan TMMD Kalikondang

DEMAK – Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Danramil 01/Demak Kota, Kapten Kav. Karmadi demi suksesnya gelaran TMMD Reguler ke -105 jajarannya di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota. Salah satu yang menjadi sasaran sosialisasi  adalah ibu-ibu PKK Desa Kalikondang.

Menurut Danramil Karmadi dukungan logistik setiap hari selama pelaksanaan TMMD, bahkan saat Pra TMMD sangat dibutuhkan. Dengan dukungan logistik yang memadai sangat penting untuk pendukung operasi yang dilakukan oleh TNI.

Memanfaatkan pertemuan rutin yang dilakukan ibu-ibu PKK di Balai Desa Kalikondang, Danramil Karmadi menyempatkan datang, untuk memberikan motivasi dan arahan kepada ibu-ibu PKK Desa Kalikondang agar ikut berperan aktif selama pelaksanaan TMMD.

“Kami berharap ibu-ibu PKK Desa Kalikondang ikut membantu dan menyukseskan kegiatan TMMD Kodim Demak,” harap Kapten Kav. Karmadi. (pendim 0716/Demak)

Mesin Molen Menjadi Primadona di “TMMD Kalikondang”

DEMAK – Menyusul sebagian besar sasaran fisik TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota, memerlukan adonan semen, koral dan pasir, mesin molen pengaduk semen menjadi primadona di lokasi TMMD.

Direncanakan Kodim Demak akan “terjunkan” minimal 10 mesin molen di lokasi TMMD dalam rangka mengejar target penyelesaian sasaran fisik.  ”Kami rencanakan minimal ada 10 mesin molen yang akan kami terjunkan di lokasi TMMD agar target fisik yang sudah kami rencanakan bisa terselesaikan,” jelas Pasiter Kodim Demak, Kapten Inf. Mulyadi.

Dikemukakan, sebagian besar sasaran fisik TMMD Kalikondang memang membutuhkan pengadukan semen campur pasir, sehingga jika hanya mengandalkan tenaga orang secara manual pekerjaan akan menjadi lambat. ”Tidak bisa ditawar perlu alat molen untuk mengejar target pekerjaan,” tambah Kapten Mulyadi.

Terpisah, Peltu Satir, salah seorang anggota Satgas TMMD Kalikondang, membenarkan jika keberadaan mesin molen sangat membantu dalam menyelesaikan semua proyek fisik TMMD.  ”Disamping mempercepat pekerjaan juga tidak menguras tenaga. Mesin molen benar-benar masih menjadi andalan untuk menyelesaikan semua sasaran fisik TMMD Kodim Demak,” beber Peltu Satir. (pendim 0716/Demak)

Berharap Ada Banyak Kursus di Sasaran Non Fisik TMMD

DEMAK  – Ini harapan Kades Kalikondang, Kecamatan Demak Kota, Asif Barchiya, terkait rencana sejumlah kegiatan non fisik TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak di desanya.

Kepada orang nomor satu di jajaran Kodim Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto, Kades Asif mengusulkan agar disamping sejumlah kegiatan non fisik yang sudah dijadwalkan Kodim Demak, nantinya ada non fisik tambahan berupa sejumlah kursus. Seperti kursus pembuatan makanan, atau kalau memungkinkan perbengkelan.

”Kenapa saya mengusulkan kursus-kursus itu, untuk kursus pembuatan makanan diharapkan seusai TMMD kelak akan mampu menumbuhkan industri makanan ringan rumahan,” ungkap Kades Kalikondang. (pendim 0716/Demak)










Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.