Besok,Gerhana Matahari Cincin Lintasi Indonesia

Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Di penghujung tahun 2019, ada fenomena alam terjadi di Indonesia, yakni akan menjadi salah satu negara yang akan dilintasi fenomena gerhana matahari cincin pada esok hari, Kamis (26/12/2019).

Saat gerhana matahari cincin terjadi, bulan dan bumi tepat segaris. Pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

Lantas, wilayah mana saja di Indonesia yang akan dilintasi gerhana matahari cincin hari ini?

Di Indonesia, gerhana matahari dapat teramati dari Jawa Timur. Namun, berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitude terentang antara 07,52 di Tuban hingga 0,702 di Banyuwangi, Jawa Timur.

Gerhana matahari yang terjadi sehari pasca hari pertama Natal ini terjadi karena Bulan baru, yang sedikit lebih jauh dari Bumi dan tampak lebih kecil di langit, akan menutupi 97 persen cakram Matahari saat berada dalam garis lurus atau sejajar.

Puncak gerhana, matahari akan terlihat seperti cincin, dengan durasi maksimal 3 menit dan 40 detik.

Menurut penulis buku “A Stargazing Program for Beginners: A Pocket Field Guide” Jamie Carter, gerhana matahari cincin ini adalah yang paling berbahaya. Maksudnya?

Bahaya yang dimaksud tak ada hubungannya dengan bencana alam. Namun, ia memperingatkan, siapapun yang ingin menyaksikannya wajib menggunakan Kacamata Khusus Gerhana Matahari untuk menghindari ancaman kebutaan.

Fenomena yang juga sering disebut sebagai “cincin api” atau “cincin cahaya” ini akan terlihat saat matahari terbit di Arab Saudi, kemudian di langit Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) , Oman, India selatan, Sri Lanka, Indonesia, Singapura dan Malaysia.