D-DART Undip Bantu Atasi Penyebaran Virus Corona

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com,SEMARANG-Penyakit Virus Korona mematik Universitas Diponegoro (Undip) untuk melakukan berbagai langkah-langkah. Melalui Diponegoro Disaster Asistance Response Team (D-DART) telah melakukan pencegahan dan bantuan alat kesehatan kepada tenaga kesehatan yang berada di lini terdepan.

Pencegahan yang sudah dilakukan oleh tim di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Undip.

Seperti dikutip dari rilis yang diterima suaramerdeka.com antara lain, penyediaan poster edukasi kesehatan sebagai upaya preventif di wilayah sekitar kampus Undip yang disosialisasikan melaui media sosial dan survei dampak virus korona secara fisik dan psikologis melalui aplikasi android dan posko call center.

Selain melakukan penggalangan dana dan pembukaan donasi sumbangan alat pelindung diri (APD), serta pembuatan hand sanitizer, masker nano-filter, face shield untuk diberikan khususnya kepada para tenaga kesehatan di RS jejaring dan civitas akademika Undip.

Tim yang dibentuk Rektor Undip Prof Yos Johan Utama pada 16 Maret 2020 itu, telah menyerahkan bantuan berupa APD (masker nano-filter dan face shield), hand sanitizer, vitamin, serta produk gizi kepada tim tenaga kesehatan RSUP Kariadi Semarang.

Bantuan diterima Direktur Perencanaan, Organisasi, dan Umum RSUP Kariadi drg Sri Yuniarti Rahayu SpKG MARS. Selain itu, D-DART juga menyerahkan bantuan tersebut kepada tim tenaga kesehatan RS Nasional Diponegoro dan pihak rektorat Undip Prof Dr Heru Susanto ST MM MT selaku Wakil Rektor II di mana akan diperuntukkan bagi civitas akademika yang membutuhkan.

Selanjutnya, tim juga berupaya untuk dapat juga memberikan bantuan secara luas bagi rumah sakit di wilayah Kota Semarang atau pun Jawa Tengah. Tim juga akan bekoordinasi dengan BPBD Jateng dalam pemetaan area kategori rawan dan alur penanganan.

Adapun kegiatan lainnya juga akan dilakukan penyemprotan desinfektan di wilayah kampus Undip. (Red/SM)