Digelar Hari Ini,UTBK-SBMPTN 2020 Untuk Gelombang Pertama

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 gelombang pertama akan digelar hari ini, Minggu (5/7).

UTBK merupakan salah satu syarat bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sesi pertama dimulai pukul 09.00-11:15 WITA/WIB/WIT dan sesi kedua pukul 14:00-16:14 WITA/WIB/WIT. Satu sesi berlangsung 1 jam 45 menit.

Materi yang diujikan adalah tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA). Nilai UTBK ini menjadi salah satu syarat untuk lulus SBMPTN.

UTBK-SBMPTN tahun 2020 kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, yakni dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

UTBK 2020 dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama digelar 5 sampai 14 Juli 2020. Sementara itu, gelombang dua pada 20- 29 Juli 2020.

Dikutip dari akun Twitter resmi LTMPT, @ltmptofficial, jumlah peserta UTBK tahap 1 sebanyak 579.069 orang, dan tahap 2 sebanyak 124.806 orang. Sehingga total secara keseluruhan UTBK SBMPTN 2020 diikuti oleh 703.875 orang peserta.

Ada tiga perguruan tinggi di Jakarta dan Depok yang menjadi Pusat UTBK alias lokasi tes, yaitu UNJ, UPN Veteran, dan UI. Sedangkan di luar kampus tersebut perguruan tinggi juga bekerja sama dengan sejumlah kampus dan sekolah lain sebagai mitra lokasi UTBK tambahan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peserta ujian, seperti surat sehat bebas Covid-19, serta isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan UTBK.

Jika peserta diantar ke lokasi UBTK, para pengantar harus menurunkan peserta di drop zone dan tidak diperkenankan menunggu di dalam kampus.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mengatakan peserta tes tahap II yang tidak dapat mengikuti tes di Pusat UTBK karena keadaan memaksa atau tidak memenuhi persyaratan Satgas Covid-19, wajib melapor pada Pusat UTBK yang tercetak di kartu peserta pada 6 hingga 10 Juli 2020.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru terdiri dilakukan melalui tiga jalur seleksi yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri.

Dalam jalur SNMPTN, calon mahasiswa tak perlu mengikuti ujian terlebih dulu karena hanya nilai rapor mereka yang menjadi diseleksi sesuai dengan nilai yang ditetapkan oleh universitas tujuan. Jalur ini disebut juga sebagai jalur prestasi.

Namun, para calon mahasiswa wajib mengikuti UTBK terlebih dahulu jika mendaftar melalui jalur SBMPTN. Sedangkan pada ujian mandiri, calon mahasiswa harus mengikuti sejumlah tes yang diadakan oleh perguruan tinggi masing-masing.

Kemenristek Dikti bakal mengumumkan hasil SBMPTN berdasarkan nilai UTBK calon mahasiswa yang memenuhi standar kelulusan di perguruan tinggi. Hasil SBMPTN akan diumumkan 20 Agustus 2020 mendatang.(Red)