Dona Sports: MotoGP Amerika Serikat 2020 Resmi Dibatalkan

Internasional Nusantara Otomotif

KORANBOGOR.com,AUSTIN-Nasib balapan MotoGP Amerika Serikat 2020 akhirnya terungkap. Balapan di Circuit of the Americas (COTA),Austin, Amerika Serikat, tersebut dipastikan batal digelar pada tahun ini.

Hal itu telah diumumkan secara resmi oleh pihak pengelola COTA dalam sebuah unggahan di akun media sosial resminya. Dalam pengumuman itu, pihak pengelola COTA menyampaikan bahwa balapan musim ini tidak bisa digelar.

Perlombaan MotoGP Amerika Serikat pun dipastikan bakal digelar kembali pada tahun depan.Pada kalender MotoGP 2021,balapan di sirkuit kebanggaan masyarakat Austin itu pun dijadwalkan berlangsung pada 16-18 April.

“Perlombaan balap motor tercepat di dunia akan kembali pada tahun depan untuk Grand Prix MotoGP Amerika. Ini akan menjadi yang lebih besar dan lebih baik pada 16-18 April 2021!” bunyi pernyataan pihak pengelola COTA di akun Facebook resminya, Kamis (9/7/2020).

“Acara tahun ini, dari 13 hingga 15 November 2020, telah dibatalkan. Pemegang tiket akan menerima email dengan informasi lebih lanjut,” lanjut pernyataan tersebut.

Awalnya, perlombaan di MotoGP Amerika Serikat 2020 memang harus ditunda sebagai imbas merebaknya virus corona.

Balapan sendiri sejatinya dijadwalkan berlangsung pada 3-5 April 2020. Tetapi,Dorna Sports sebagai promotor MotoGP akhirnya memutuskan menunda balapan.

Tanggal baru yang ditetapkan kala itu adalah 13-15 November 2020. Tetapi, dalam jadwal baru MotoGP 2020 yang dirilis pihak Dorna, balapan di GP Amerika Serikat sendiri belum turut dicantumkan. Hanya ada 13 seri balapan yang diumumkan dan seluruhnya berlangsung di Eropa.

Pihak Dorna menyatakan bahwa mereka masih berjuang untuk menambah jumlah seri dengan memasukkan balapan-balapan di Asia dan Amerika dalam kalender baru. Amerika Serikat pun menjadi salah satu yang diusahakan untuk tetap digelar, meski kemungkinan besar akan berlangsung tanpa penonton karena masih tingginya kasus Covid-19 di sana.

Tetapi, pihak COTA kini telah memastikan bahwa balapan tidak akan digelar pada tahun ini. Kini, tinggal menyisakan tiga seri di Asia dan Amerika yang berstatus ditunda. Ketiga seri tersebut adalah GP Thailand, Malaysia, dan Argentina.

Circuit of The America

Balapan MotoGP 2020 sendiri dijadwalkan bakal digelar pada Minggu 19 Juli 2020. Seri perdana MotoGP 2020 akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol. Di sirkuit tersebut, ada dua seri yang akan digelar.

Selain balapan pembuka, seri kedua MotoGP 2020 juga akan berlangsung di Sirkuit Jerez. Tetapi, tajuk berbeda digunakan dalam perlombaan seri kedua. Balapan seri kedua yang berlangsung pada 26 Juli 2020 akan bertajuk MotoGP Andalusia 2020. (Red)