Dosen Pendidikan Matematika UAD Gelar PPM di SMP Muhammadiyah Al Manaar Galur

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com,KULONPROGO– Tim dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) berupa pelatihan dan pendampingan penggunaan software geogebra bagi guru matematika di lingkungan SMP Muhammadiyah Al Manaar, Galur, Kulon Progo.

Pada kesempatan itu Rima Aksen Cahdriyana, M.Pd dan Soffi Widyanesti Priwantoro, M.Sc juga melakukan pendampingan penggunaan software geogebra melalui pembelajaran di kelas.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Al Manaar Taufik Ismail.

Kegiatan pengabdian ini, seperti disampaikan Taufik Ismail, sangat baik dan cocok diberikan kepada guru matematika di lingkungan SMP Muhammadiyah Al Manaar.

“Hal ini dikarenakan beragamnya keterbatasan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan teknologi, yang mengakibatkan guru-guru masih dominan menggunakan alat peraga konvensional dalam melaksanakan pembelajaran,” kata Taufik Ismail.

Melalui kegiatan pengabdian tersebut diharapkan guru-guru dapat termotivasi untuk menambah pengetahuan baru.

“Dan menumbuhkan semangat baru dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran,” ungkap Rima Aksen Cahdriyana, M.Pd, didampingi Soffi Widyanesti Priwantoro, M.Sc, Rabu (30/10/2019).

Pelatihan penggunaan software geogebra itu telah dilaksanakan pada tanggal 7-8 Agustus 2019 lalu.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan itu meliputi: pengenalan tampilan (antarmuka) geogebra, lingkaran dalam dan luar segitiga, lingkaran, refleksi, dimensi tiga, fungsi kuadrat, fungsi linear.

“Dan membuktikan rumus luas suatu bangun datar atau persegi,” kata Soffi Widyanesti Priwantoro, M.Sc.Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan melaksanakan pendampingan penggunaan software geogebra melalui pembelajaran di kelas pada tanggal 30 September 2019.

Bukti dari kegiatan pendampingan, menurut Soffi Widyanesti Priwantoro, dapat dilihat melalui media pembelajaran yang dibuat oleh guru dan menggunakan software geogebra.

“Media yang dikembangkan oleh peserta pelatihan berupa media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas masing-masing,” ungkap Soffi Widyanesti Priwantoro.

Pada pelatihan itu, Bernadetha A., S.Pd, Gr. sempat mengembangkan media mengenai unsur-unsur lingkaran, relasi fungsi dengan berbasis geogebra. (Affan)