Embung Nglanggeran

Nusantara

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Wisata adalah perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara  sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata serta beberapa orang yang melakukan kegiatan wisata .

Di Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata-wisata lokal dari berbagai macam provinsi, salah satu wisata lokal Indonesia yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman atau juga sering disebut dengan kota pelajar serta kota wisatawan karena banyak sekali orang dari dalam maupun luar negeri selalu berkunjung untuk melakukan wisata ke yogyakarta. 

Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani pada saat musim kemarau.

Terletak di Nglanggeran,Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, lokawisata ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Embung Nglanggeran ini berada di Bukit Gandu. Kawasan dijadikan tempat untuk menampung air oleh pemerintah yang digunakan petani sekitar untuk mengairi perkebunan buah yang ada di bawahnya.

Embung Nglanggeran dijadikan objek wisata karena lokasinya yang berada di Gunung Api purba dan menawarkan pemandangan yang indah dari ketinggian.

Lokawisata ini dikelilingi pula oleh perkebunan buah yang ditanam oleh penduduk sekitar serta memberikan tempat yang baik untuk melihat Matahari terbenam pada sore hari.

(Red/Penulis: Putri Handayani)