Erick Thohir Akan Benahi Sarinah,Harus Didukung Semua Pihak

Bisnis Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang ingin menata besar-besaran Sarinah merupakan langkah yang patut diapresiasi. Sarinah dinilai memiliki nilai historis yang harus dipertahankan dan perlu dikembangkan.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute yang juga Ketua DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Bidang Advokasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Karyono Wibowo di Jakarta, Sabtu (4/1/2020).

“Menurut saya langkah Erick Thohir cukup bagus ya, karena selama ini Sarinah sebagai supermarket atau departement store pertama lah ya di Indonesia tapi justru tertinggal oleh departement store yang lain.

Padahal itu kan milik negara. Sarinah itu bukan departement store biasa, melainkan sekaligus sebagai simbol negara. Karena Sarinah itu memiliki nilai historis,” ungkap Karyono.

Dengan pengalaman dan kemampuan Erick Thohir, Karyono yakin Menteri BUMN itu bisa membuat pendapatan departement store ini naik kembali. Karena itu pula, langkah Erick dalam menata Sarinah ini perlu didukung oleh semua pihak.

Hal-hal yang perlu diperhatikan Erick Thohir dalam membenahi Sarinah, ungkap Karyono, adalah tentu saja soal manajemen. Kemudian memperkuat aspek modal dan harus membuat semacam ciri khas Sarinah yang membedakan dengan departement store yang lain.

“Dari berbagai aspek harus memiliki ciri khas dan variasi,” ungkap Karyono.

Karyono juga berpesan agar dalam menata berbagai aspek, juga harus melakukan renovasi secara infrastruktur.

Termasuk dalam hal bagaimana mengemasnya. Bagaimanapun nama Sarinah itu diambil dari nama pengasuh Soekarno.

“Jadi, ya simbol perempuan Indonesia harus ada di Sarinah ini,” ungkapnya.

Dengan menamakan Sarinah, jelas Karyono, Soekarno mau mengangkat harkat dan martabat perempuan Indonesia. Karena itu juga harus ada ciri khas dari manajemen Sarinah.

“Misalnya, Nah kalau ada laba, mesti harus dialokasikan juga untuk pemberdayaan perempuan. Kan ada filosofisnya kan, jadi saya usulkan kepada Pak Erick Thohir, PT Sarinah itu sebagian labanya ya dipergunakan untuk kebutuhan perempuan Indonesia,” ungkap Karyono.(Red)