Giat Komsos Babinsa Gajahan Demi Kesadaran Warga Akan Kebersihan Lingkungan

Berita Nusantara

KORANBOGOR.com, SURAKARTA- Anggota Babinsa Gajahan, Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735 Surakarta Serda Agus terus menggalang kebersamaan dengan warga, melalui giat pembinaan Teritorial di Wilayah binaanya, diantaranya dengan para pengumpul barang bekas/pemulung, Senin (15/07/2019).

Menurut Serda Agus giat komunikasi sosial (komsos) dengan pengumpul barang bekas bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada warga agar mereka tetap peduli akan kebersihan lingkungan sekitar sehingga tercipta pemukiman yang bersih, tak terlihat kumuh serta terhindar dari penyebaran bibit penyakit.

“Saya selaku Anggota Babinsa secara terus menerus mengingatkan tentang kebersihan lingkungan,” ucap Serda Agus.

Giat komsos yang dilakukan Serda Agus diantaranya menyambangi Sukir, salah satu warga yang berprofesi sebagai pengumpul barang bekas di Wilayah Kel Gajahan.

Dengan menjalin komunikasi dan menyambangi warga lanjut Serda Agus, yang merupakan bagian dari komsos, dirinya berharap kepada warga yang menetap di wilayah binaannya senantiasa selalu memperhatikan masalah kebersihan lingkungan. Pasalnya kebersihan salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari, mengingat saat ini dirasakan masih banyak  masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan kerap membuang sampah sembarangan.

Disamping itu sebagai seorang Anggota Komando Kewilayahan, lanjut Serda Agus, Personel Babinsa sudah seharusnya dekat dengan warga, dan hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya keamanan, tetapi juga pada Temu Cepat Lapor Cepat pada setiap kejadian.

“Kedekatan kami dengan masyarakat akan menambah cepat quick response yang kami berikan terhadap laporan yang masuk setiap hari,” jelas Serda Agus.

Ditemui ditempat terpisah Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten ( CBA) Kurdi mengatakan pekerjaan pengumpul barang bekas atau pemulung kerap dinilai berkonotasi negatif. Dan pekerjaannya sebagai pencari barang bekas, membuat sebagian besar masyarakat memandang sebelah mata terhadap mereka.

Dengan kehadiran Anggota Babinsa, lanjut Kapten ( CBA) Kurdi diharapkan akan tercipta lingkungan yang terbebas dari barang bekas yang jika terus dibiarkan akan berubah menjadi sampah.

Disisi lain sambung Kapten ( CBA) Kurdi mereka juga turut membantu pemerintah dalam hal pengelolaan sampah.

Oleh karena itu, Kapten ( CBA) Kurdi menginstruksikan kepada seluruh Anggota Babinsa sebagai aparat Komando kewilayahan dituntut harus mampu melaksanakan komsos dengan seluruh komponen masyarakat di wilayahnya binaan masing-masing, mulai dari pemuka agama, pengusaha, warga, tak terkecuali para pengumpul barang bekas atau pemulung.

Sukir sebagai pemulung mengatakan dirinya mencari barang bekas yang masih memiliki nilai jual, untuk dijual kepada pengepul dan uang hasil penjualan tersebut dipakai untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari.

Sukir pun menyampaikan terima kasih kepada Serda Agus dan Anggota Babinsa lainnya yang sering menyambanginya dan mengingatkan betapa pentingnya kebersihan lingkungan rumahnya. (Agus Kemplu Pendim Solo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.