IBA : Ongen Saknosiwi Juara Dunia Kelas Bulu

Nusantara Wisata

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Ongen Saknosiwi mengukir sejarah dalam kariernya di blantika tinju dunia. Petinju Indonesia itu menjadi juara dunia baru kelas bulu badan tinju IBA, Minggu (17/11/2019).

Sabuk itu didapatkan Ongen Saknosiwi usai menaklukan lawannya dari Filipina, Marco Demecillo, dalam duel yang berlangsung di Jatim Park 3, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Dalam pertarungan yang berjalan 12 ronde tersebut petinju yang juga anggota TNI AU ini menang angka mutlak (unanimous decision).

Ketiga juri yang bertugas memberikan nilai 116-112, 118-110, dan 116-112 untuk kemenangan Ongen Saknosiwi.

Tampil di hadapan publik Indonesia yang memenuhi lokasi pertarungan, Ongen Saknosiwi langsung berinisiatif menekan sejak lonceng tanda dimulainya ronde pertama berbunyi.

Namun Marco Demecillo tidak tinggal diam. Petinju 29 tahun ini terus merangsek menekan sang lawan.

Hingga ronde keenam, Ongen Saknosiwi lebih banyak mengandalkan counter puncher atau serangan balik.

Memasuki ronde ketujuh, petinju asal Maluku ini mulai lebih tampil menekan dengan mengandalkan kombinasi pukulan.

Di ronde kesepuluh, kedua petinju terlihat mulai kelelahan. Namun di ronde terakhir Marco Demecillo tampil trengginas dengan terus menyerang Ongen Saknosiwi.

Ongen Saknosiwi pun dinyatakan menang angka mutlak lantaran pukulan-pukulannya lebih banyak menghasilkan poin.

Hasil ini turut membuatnya mencetak sejarah sebagai petinju Indonesia pertama yang meraih gelar juara dunia di bawah 10 pertarungan.

Sebagaimana diketahui, duel menghadapi Marco Demecillo adalah pertarungan kedelapan bagi Ongen Saknosiwi sepanjang karier profesionalnya/ (red)