IUD dan IVA Gratis dari IBI RSUD Sleman

0
411
KORANBOGOR.com,SLEMAN-Dalam rangka HUT ke-67, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting RSUD Sleman menyelenggarakan bakti sosial bertempat di Gedung Pelayanan Terpadu lantai I RSUD Sleman, Minggu (15/4/2018).
Kegiatan itu meliputi pemasangan IUD gratis, IVA tes dan penyuluhan kesehatan reproduksi.
Dijelaskan Ketua IBI Ranting RSUD Sleman, Siti Ropingah, baksos tersebut diikuti 23 orang sebagai peserta pemasangan IUD dan 108 orang mengikuti IVA tes.
Selain IUD dan IVA, baksos juga akan dilanjutkan pada Minggu, 5 Mei 2018 dengan kegiatan penyuluhan gizi dan senam lansia.
Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi bagi masyarakat tentang menjaga kesehatan reproduksi serta pentingnya deteksi dini kanker leher rahim (serviks).
Siti Ropingah berharap, melalui kegiatan itu masyarakat khususnya wanita usia subur (WUS) dapat teredukasi dan termotivasi untuk menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang.
“Dalam rangka membantu pemerintah untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk,” kata Siti Ropingah.
Kegiatan itu, dijelaskan Siti Ropingah, sebagai upaya preventif dan promotif kepada masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat serta menurunkan angka kematian dan kesakitan akibat kanker leher rahim.
Pengurus Daerah IBI DIY, yang diwakili Istri Yuliani, mengapresiasi kegiatan baksos yang diadakan IBI Ranting RSUD Sleman.
Menurut Istri Yuliani, deteksi dini kanker serviks melalui IVA tes sangat penting. Dan, kanker serviks penyebab kematian perempuan nomer dua setelah kanker payudara.
Istri juga menambahkan, pelayanan IVA merupakan metode sederhana dan mudah, yang dianjurkan untuk deteksi dini kanker serviks pada WUS.
Sedangkan KB IUD penting untuk mengatur kehamilan sehingga tidak ada kejadian hamil 4T: terlalu tua, terlalu muda, terlalu dekat, dan terlalu banyak.
Dan, melalui KB IUD diharapkan dapat menurunkan angka kematian pada ibu dan bayi. (Affan)
Attachments area

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here