Jubir Wapres AS,Katie R Miller Dinyatakan Positif Virus Corona

Internasional Nusantara

KORANBOGOR.com,WASHINGTON-Virus corona baru yang menimbulkan COVID-19 sudah menjalar ke Gedung Putih tempat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berkantor. Ada salah satu pejabat Gedung Putih yang dinyatakan positif terjangkiti virus corona.

Tak tanggung-tanggung, yang terkena COVID-19 adalah Katie R Miller, juru bicara bagi Wakil Presiden AS Mike Pence. Miller juga dipercaya menjadi juru bicara Gugus Tugas Gedung Putih untuk COVID-19.

Sebelumnya Miller telah menjalani tes COVID-19 pada Kamis (7/5) dan dinyatakan negatif. Namun pada tes Jumat (8/5) pagi, perempuan kelahiran 1 Oktober 1991 itu dinyatakan positif terjangkiti visur mematikan tersebut.

Sebelumnya seorang pelayan pribadi Trump di Gedung Putih juga dinyatakan positif COVID-19 pada awal pekan ini. Kini, pelacakan pun dilakukan untuk menelusuri pejabat dan wartawan yang sempat melakukan kontak dekat dengan Katie.

Diagnosis terhadap Katie sampai membuat keberangkatan pesawat Air Force Two yang akan membawa Wapres AS Mike Pence ke Iowa tertunda. Sebab, ada enam orang yang harus turun dari pesawat kepresidenan itu gara-gara sebelumnya melakukan kontak dengan Miller.

Pelacakan terhadap wartawan yang sering kontak dengan Katie juga langsung dilakukan. Sudah ada dua reporter yang dipanggil ke Gedung Putih untuk menjalani tes COVID-19 secara gratis.

Selama ini Katie sering duduk di samping Trump dalam briefing Gugus Tugas Gedung Putih untuk Penanganan COVID-19. Masa kerja gugus tugas itu telah berakhir pada pekan lalu.

Katie merupakan istri Stephen Miller yang juga penasihat senior Presiden Trump. Semula identitas Katie sebagai pejabat yang terjangkiti COVID-19 sempat dirahasiakan.(Red)