Kapolri Melantik 9 Kapolda Baru Dan Gubernur Akpol

Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melantik sembilan Kapolda dan Gubernur Akpol hari ini, Jumat (8/5/2020) di Rupatama Mabes Polri. Di antara jajaran yang dilantik, adalah Irjen Nico Afinta sebagai Kapolda Kalsel menggantikan Irjen Yazid Fanani yang kini menjabat Ketua STIK Lemdiklat Polri.

Perombakan besar-besaran dilakukan oleh Kepolisian RI (Polri). Sedikitnya sembilan jabatan di lingkup Pati Polri mengalami pergeseran. Pergeseran jabatan Pati Polri ini sesuai dengan Surat Telegram Kapolri No: ST/1377/V/KEP./2020 dan surat telegram No: ST/1378/V/KEP./2020, yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, tertanggal 1 Mei 2020.

Dalam kesempatan yang sama, pucuk pimpinan Polri tersebut juga melantik beberapa pejabat utama Mabes Polri ‎seperti Kabaintelkam Polri dan AS SDM Kapolri.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal membenarkan adanya jadwal pelantikan tersebut. Dia merupakan satu dari 9 kapolda yang bakal dilantik. “Teman-teman di Divisi Humas Polri dan Bidang hunas Polda se-Indonesia. Hari ini Jumat 8 Mei 2029 saya akan melaksanakan sertijab selaku Kadiv Humas Polri dan akan melanjutkan pengabdian sebagai Kapolda NTB,” ucap Iqbal dalam pesan singkatnya.

Pelantikan ini dilaksanakan secara terbatas mengingat waktu pelaksanaan pelantikan masih dalam masa darurat pendemi virus corona. Rangkaian acara pelantikan hanya dihadiri oleh pejabat utama Mabes Polri serta undangan dari Kompolnas dan Bhayangkari sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi.

Surat telegram tersebut ‎memuat mutasi perwira tinggi di tubuh Polri.

Berikut sembilan Kapolda dan pejabat utama Mabes Polri yang dilantik hari ini :

‎1-Kapolda Jawa Tengah Brigjen Ahmad Luthfi, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Abriyoso Seno Aji.
‎2-Kapolda Jawa Timur Irjen Mohammad Fadil Imran.
‎3-Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri.
4-Kapolda Banten Irjen Fiandar.
‎5-Kapolda Bengkulu Brigjen Teguh Sarwono.
6-‎Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Dedi Prasetyo.
7-Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman.
8-Kapolda Kalimantan Selatan ‎Irjen Nico Afinta.
9-Kapolda NTB Irjen Muhammad Iqbal.
10-‎Kabaintelkan Polri Irjen Rycko Amelza.
11-AS SDM Kapolri Brigjen Sutrisno Yudi.
‎12-Gubernur Akpol Lemdiklat Polri Brigjen Asep Syahrudin.
13-Kadiv Humas Mabes Polri ‎Brigjen Argo Yuwono