Kemenhub Berangkatkan 2.120 Orang Mudik Gratis Natal2019 Dan Tahun Baru 2020

Nusantara

KORANBOGOR.,com,JAKARTA-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar mudik gratis Natal dan Tahun Baru 2020. Sebanyak 53 bus diberangkatkan dengan jumlah penumpang sekitar 2.120 orang.

Keberangkatan bus Mudik Gratis ini dilakukan di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur (Jaktim). Dari 53 bus, tiga di antaranya diperuntukkan bagi penumpang penyandang disabilitas.

“Sangat spesial hari ini,karena penyandang disabilitas bisa ikut dalam program mudik gratis ini,” kata Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di lokasi, Sabtu (21/12/2019).

Tampak Budi membantu mendorong kursi roda salah satu peserta penyandang disabilitas ke pintu masuk bus. Tiga bus dengan penumpang penyandang disabilitas diberangkatkan terlebih dahulu.

Setelah itu, Budi melepas keberangkatan bus dari program mudik gratis Natal dan Tahun Baru 2020. Sebagai simbol pelepasan, Budi mengibarkan bendera ke atas.

Lima puluh bus tersebut memiliki tujuh kota tujuan yaitu Semarang (5 bus), Yogyakarta (15 bus), Solo (23 bus), Boyolali (3 bus), Malang (2 bus), Purwokerto (1 bus), dan Surabaya (1 bus). Sementara ada tiga bus untuk penyandang disabilitas memiliki rute 1 bus medium tujuan Jakarta-Ambarawa PP, 1 bus akses tujuan Jakarta-Solo PP, 1 bus Elf tujuan Jakarta-Solo PP.

Selain berangkatkan bus dari program Mudik Gratis ini, Kemenhub juga meluncurkan seragam dan atribut baru untuk para pengemudi bus. Tak hanya itu, Kemenhub juga melaunching penggunaan e-ticketing atau tiket elektronik untuk sistem transaksi di Terminal Pulo Gadung.

Selain Terminal Pulo Gebang, Kemenhub juga memberangkatkan penumpang dari Terminal Terpadu Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Jati Jajar, dan Terminal Poris Plawad.Halaman . (Red)