Kerja Nyata Kemanunggalan TNI-Rakyat,Babinsa Karangangsem Turun Kesawah

Nusantara

KORANBOGOR.com, SURAKARTA,- -Babinsa Kelurahan Karangasem Sertu Widada dan Serda Marulak S Anggota Koramil 01/Laweyan Kodim 0735/Surakarta mendampingi Gapoktan Karangasem dalam hal pemupukan tanaman padi di Persawahan Jalan Melon Bulak Indah Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

Sertu Widada mengatakan seorang Babinsa (Bintara Pembina Desa) harus menjadi motivator dan pelopor dalam setiap kegiatan warga, khususnya warga di wilayah binaannya.

“Di masa Pandemi Covid 19 ini, kami tidak henti hentinya mendamping dan terjun langsung kesawah yang bertujuan agar Swasembada Pangan bisa tercapai.”tuturnya.

Lebih lanjut Widada dalam melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi ini dilaksanakan pada areal sawah seluas 2400 hektar milik Citro yang ditanami padi jenis Sunggal.

“Pemupukan padi ini wajib dilakukan agar pertumbuhannya tetap baik sampai tiba masa panen, jika tidak diberi pupuk dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan seperti tanaman lebih pendek dari ukuran normalnya kemudian daunnya menguning.”imbuhnya.

” Tujuan pemupukan adalah untuk memberikan kesuburan tanaman padi, sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama pada tanaman padi.”imbuhnya.

Di kesempatan ini Babinsa juga menghimbau kepada para petani agar melakukan pemupukan secara serentak agar penanggulangan hama padi berjalan efektif.

“Kami sampaikan kepada para petani agar selalu merawat tanaman padi tersebut. Kami juga minta agar petani melakukan penyemprotan secara rutin untuk mencegah serangan hama,” jelasnya.

Keikutsertaan Babinsa merupakan upaya khusus untuk menyukseskan program Swasembada Pangan yang akan terus dilakukan di Wilayah Surakarta selain itu kebersamaan Babinsa dalam membantu petani merupakan wujud Kemanunggalan TNI dengan Masyarakat.

“Sesuai harapan, pemupukan dapat dilakukan secara efektif, sehingga tanaman padi tumbuh subur, hasilnya setiap panen bisa maksimal.”pungkas Widada.***

Penyaji :Arda 72 Pendim Surakarta