Kota Medan Mendapat Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pratama

Nusantara

KORANBOGOR.com,MAKASSAR-Pemerintah Kota Medan Kembali Mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Penghargaan membanggakan itu diberikan karena Pemko Medan dinilai sangat berkomiten dan sangat peduli dalam memenuhi hak dan perlindungan terhadap anak.

Penghargaan KLA Kategori Pratama ini diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yambise kepada Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin diwakili Kadis PA3APM, Khairunnisa Mozasa pada Acara Puncak Hari Anak Nasional 2019 di Hotel Four Point, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/7).

Kota layak anak merupakan program yang mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kepahaman kepada keluarga, masyarakat, dan media di wilayahnya terkait upaya pemenuhan hak anak. Di satu sisi, pemerintah daerah didorong melakukan berbagai kebijakan, program, dan kegiatan yang menjamin agar hak-hak anak dapat dipenuhi.

“Secara garis besar, terdapat lima klaster hak anak, yakni hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus,” katanya sebagaimana dikutip laman pemkomedan.go.id.

Atas dasar itu Pemerintah Kota Medan, kata Khairunnisa, Pemko Medan terus berkomitmen menjadikan Kota Medan sebagai kota layak anak. Dalam mewujudkannya, Kota Medan meningkatkan pelayanan dan fasilitas mulai dari tingkat kelurahan dan tempat-tempat umum.

Kemudian lanjut Khairunnisa, Wali Kota Medan menerbitkan Surat Keputusan tentang pembentukan Gugus Kota Layak Anak Kota Medan yang mempunyai tugas di antaranya mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan pengembangan KLA. Kemudian melakukan sosialisasi, advokasi, informasi dan edukasi kebijakan KLA.