Kuliah di Yogyakarta Mahasiswi Asal Bima Ceritakan Pengalamannya Belajar Bahasa Jawa

Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Sudah tidak asing sebutan Jogja sebagai kota pelajar. Banyak anak muda dari berbagai wilayah  di Indonesia datang ke Jogja untuk mendapatkan pendidikan yang baik kualitasnya.

Sama halnya yang di lakukan Nuraisyah seorang mahasiswi asal Bima. Ia kuliah di salah satu universitas kebangsaan di Yogyakarta.

Aisyah menceritakan pengalamanya saat pertama kali masuk kuliah. Ia bertemu dengan beberapa teman yang berasal dari Yogjakarta asli,teman-temannya berbicara dengan bahasa jawa yang kurang ia pahami,tapi ia senang memperhatikannya.

Karena tertarik Aisyah sering bertanya mengenai Bahasa Jawa kepada teman-temannya. 

Di semester tiga perkuliahnya,ia juga mendapat mata kuliah Bahasa Jawa. Itu adalah pertama kali ia belajar Bahas Jawa dalam pendidikan formal ,karena selama di Jogja Aisyah belajar Bahasa Jawa hanya dari teman-temannya saja.

Materi pertama yang Aisya terima di perkuliahan adalah Aksara Jawa. Pertama kali melihat huruf-huruf aksara jawa Aisyah bingung dan membaca aksaranyapun masih dengan bahasa Indoneaia.

Awalnya Aisyah bingung,tapi karna memperhatikan dan sering berlatih dengan temannya lama kelamaan Aisyah mengerti.

Aisyah merasa belajar bahasa jawa itu sangat unik dan menyenangkan,karena ini merupakan hal baru yang Aisyah temui.

Tidak hanya tertarik dengan bahasa jawanya, Aisya juga tertarik dengan beberapa kuliner yang ada di Yogyakarta karna makanan-makanan itu belum pernah Aisyah rasakan sebelumnya misalnya gudeg,Aisyah mencicipi rasa gudeg sangat manis tapi ternyata saat dimakan dengan nasi dan sambal goreng krecek rasanya sangat enak.

Dan juga saat pulang ke Bima ia sering membawa oleh-oleh berupa Bakpia Patuk salah satu kue yang sangat terkenal di Yogyakarta dan tentunya sangat enak.

( Sefira Hizbania Dinahaq UST (Universitas Sarjanawiata Tamansiswa)