Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Siswa dengan Menganyam

Nusantara

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Menganyam merupakan suatu seni atau tradisi pada zaman dahulu dengan proses menyilangkan bahan-bahan dengan cara nganyam hingga menjadi suatu hasil karya.

Saat ini menganyam sudah mulai diterapkan diberbagai Sekolah Dasar yaitu salah satunya SD N Purwosari, desa Karanggayam, Kebumen. Sudah terbukti dengan memenangkan beberapa pelombaan. Jenis anyaman yang dimenangkan yaitu dari pandan

Kerajinan meganyam ini banyak terdapat di desa-desa yang memang di desa ini banyak ditemukan media bahannya dan hasil anyaman itu akan diproses lagi menjadi macam-macam seperti peralatan rumah tangga, dengan itu anak-anak sudah terbiasa dengan menganyam karena dirumah sudah melihat orang tuanya menganyam dan sedikit mengenal teniknya.

Kenapa sekolah mengadakan keterampilan menganyam?

Karena dengan diadakannya keterampilan menganyam untuk melatih keterampilan dan kekreaivitas siswa juga untuk mengasah otak dan melatih konsentrasinya.

Sedangkan menganyam sangat membutuhkan konsentrasi, kesabaran, ketekunan semakin indah suatu karya anayaman makan semakin rumit proses pembuatannya dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Kerajinan menganyam sudah diajarkan dari Sekolah Dasar guna melatih keterampilan motorik anak juga melatih sikap anak.

Dengan guru terlebih dahulu mengenalkan jenis anyaman dan cara menganyam lalu siswa disuruh mengamati objek karya anyaman yang sudah jadi, setelah anak mengamati objek karya anyaman maka lanjutkan mengamati susunannya yang teruskan pula untuk menganalisis objek.

Selanjutnya anak diminta untuk mengungkapkan kepada gurunya tentang hasil pengamatan terhadap susunan anyaman atau teknik menganyam tersebut.

(Red/ Juliana Ika Putri,Universitas Sarjanawiya Tamansiswa Yogyalarta.)