MENINGKATKAN MINAT MENULIS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Nusantara

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Minat adalah kecenderungan dalam diri individu untuk tertatik pada sesuatu objek atau menyenangi sesuatu objek.

Minat memiliki berbagai macam karakteristik yaitu, Menimbulkan sikap positif terhadap sesuatu objek.

Adanya sesuatu yang menyenangkan yang timbul dari sesuatu objek itu dan mengandung suatu pengharapan yang menimbulkan keinginan atau gairah untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi minatnya sedangkan menulis adalah kegiatan seseorang untuk menyampaikan gagasan kepada pembaca dalam bahasa tulis agar bisa dipahami oleh pembaca.

Guru bisa meningkatkan minat menulis siswa dengan berbagai cara, bisa dengan cara memulai dengan menumbuhkan kebiasaan membaca pada siswa.

Ini merupakan salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan untuk mendorong siswa menjadi lebih gemar menulis dan bisa menulis dengan baik. Seseorang yang rajin membaca tentunya akan menjadi akrab dengan Teknik-teknik menulis dan gaya penulisan yang cocok dengan kepribadiannya.

Siswa juga bisa lebih banyak mengeksplorasi berbagai macam jenis tulisan. Semakin banyak anak membaca, maka akan semakin berkembang diksi serta kebahasaan mereka.

Cara yang lainnya yaitu jangan membatasi imajinasi siswa. Biarkan imajinasi siswa dapat berkembang untuk kemudian disalurkan ke dalam tulisan.

Baik itu mengenai kesukaan mereka, cita-cita mereka, atau mungkin hal lainnya. Membatasi imajinasi siswa akan menghambat kebebasan mereka untuk mengembangkan kemampuan atau kreativitas dalam menulis.

Dengan menulis hal-hal yang mereka sukai, bisa menjadi awal dari sebuah karya tulisan yang baik. Yang terpenting jangan menuntut siswa untuk menulis dengan sempurna.

Saat siswa baru belajar dan berlatih dalam membuat tulisn yang baik, janganlah menuntut mereka untuk memberikan tulisan yang sempurna. Saat siswa merasa tulisannya dituntut untuk sempurna, maka bisa saja ini akan menyingkirkan kreativitas atau bahkan membuat siswa tidak minat dalam menulis.

Dapat disimpulkan, dengan menggunakan cara diatas bisa meningkatkan minat menulis pada siswa. Dengan cara itu siswa dapat menciptakan sebuah karya dalam menulis sebagai contoh siswa dapat membuat pantun yang menarik tentang berbagai macam tema, menulis dialog drama, menulis puisi, menulis cerita pendek, dan lain-lain.

(Red/Hani Nur AtikahNIM : 2018015011Asal : YogyakartaStatus : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )