MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DISEKOLAH DASAR

Kampus Kita Nusantara

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara disadari atautidak disadari untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Dorongan belajar mempunyai peranan besar dalam menumbuhkan semangat siswa untuk belajar. Motivasi belajar siswa tidak hanya didapatkan dari lingkungan keluarga saja, namun disekolah pun butuh motivasi dari seseorang guru untuk selalu semangat dalam menerima ilmu yang diberikan oleh guru.

Seperti di trilogi pendidikan yang dicetuskan oleh bapak pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara yaitu ing ngarso sung tulodo yang artinya didepan memberi semangat.

Matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat pasti sehingga dituntut kemampuan guru untuk dapat mengupayakan penerapan pendekatan yang tepat sesuai dengan tingkat pengembangan siswa.

Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mencapai kompetisi dasar dan indikator pemebelajaran yang diharapkan.

Tujuan pembelajaran matematika yaitu melatih dan bernalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi,instuisi dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba, serta mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.

Belajar matematika merupakan hal yang penting bagi siswa, karena ilmu matematika bisa digunakan sampai tua nanti, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu dalam memberika pelajaran matematika bisa juga diberikan dengan berbagai strategi yang bisa memotivasi siswa yaitu

(1). Bersemangat ketika mengajar matematika,jika guru memberikan pelajaran dengan bersemangat dan menjadikan suasana kelas menarik maka siswa akan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

(2). Perhatikan celah materi yang tidak dipahami siswa, yaitu dengan menjelaskan contoh latihan yag biasa diberikan dikelas smapai jelas diikuti dengan contoh latihan yang sedikit berbeda namun masih terkait dengan materi yang sama. Hal ini membuat siswa lebih giat lagi.

(3). Temukan pola atau cara khusus, seperti dengan perkalian angkat 9 dengan menggunakan jari.

(4). Memberi contoh pengaplikasian matematika dalam dunia nyata. Hal ini agar siswa menjadi termotivasi terhadap materi yang akan dijelaskan guru. Guru juga bisa membantu siswa menghubungkan matematika dengan jenjang karir yang mereka inginkan dimasa depan.Kedepannya siswa akan menghitung peluang terjadinya peristiwa tertentu. Seperti resiko keuangan dimasa depan. 

Jadi, ajarkanlah siswa di sekolah dasar untuk lebih menytukai pelajaran matematika yang banyak di anggap rumit dan tidak di sukai siswa.

Matematika adalah ilmu pelajaran yang sangat berguna untuk masa depan siswa agar menjadi orang yang sukses dan orang yang pintar dalam mengambil suatu peluang hidup serta mengelola perekonomian di masa depan nanti.

Matematika adalah ilmu yang sangat digunakan dalam kehidupan sehari-hari supa kita tidak di bodohi oleh orang yang pintar berhitung.

(Red/Helen Sica Fitri,Nim: 2018015049,Kelas: 3B,Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)