Menkeu: Bulan Ini PNS Terima Gaji Ke-13

0
118

KORANBOGOR.com,,JAKARTA-Menkeu Sri Mulyani Indrawati memastikan pembayaran gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dilakukan pada bulan ini. Kabar ini tentu menyehatkan ‘kantong’ para PNS, setelah sebelumnya menerima THR pada bulan Mei 2019.

Hal itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji,Pensiun,atau Tunjangan Ke-13 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri,Pejabat Negara,dan Penerima Pensiun atau Tunjangan. Dalam beleid itu, diatur gaji ke-13 akan diberikan pada Juni 2019.

“Kan sesuai dengan yang kita sampaikan akan dibayarkan pada bulan Juni ini, nanti kita lihat,” ujarnya saat ditemui di Gedung BPK RI, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, jika memang tak ada kendala dalam proses pencairan, maka para abdi negara tersebut sudah bisa menikmati gaji ke-13 pada bulan ini.

“Mestinya kalau hari ini tidak ada laporan (kendala), pasti sudah sesuai dengan apa yang kita jadwalkan,” imbuh dia.

Adapun Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menganggarkan Rp20 triliun untuk kebutuhan pembayaran gaji ke-13 bagi PNS di tahun 2019. Anggaran tersebut naik dari tahun lalu yang sebesar Rp17,9 triliun.

Kenaikan itu juga didorong adanya peningkatan pada komponen gaji pokok PNS. Pemerintah telah menetapkan kebijakan kenaikan gaji pokok sebesar 5% sejak Januari 2019.

“Itu memang sudah termasuk adanya kenaikan gaji pokok yang 5% itu,” ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here